PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN GIZI REMAJA

THE EFFECT OF NUTRITIONAL EDUCATION THROUGH LADDER SNAKE GAME ON NUTRITIONAL KNOWLEDGE OF ADOLESCENT

Authors

  • Riva Mustika Anugrah Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo
  • Dyah Kartika Wening Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo
  • Yolan Fatkhis Anisya Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jgk.v10i24.36

Keywords:

Pengetahuan Gizi, Ular Tangga, Remaja

Abstract

Background:  One  of  caused  of  nutritional  problems  in  adolescents  are  poor    nutritional knowledge.  Balanced  Nutrition  Guidelines  for  adolescents  need  to  be  delivered  with  interesting media  to  easy  understood  and  applied  in  daily  life.  The  snakeladder  media  with  students  as  a piece is expected to improve nutrition knowledge in adolescents.

Objective: it aimed the effect of snakes and ladders on nutritional  knowledge of adolescent

Method :This study included experimental research with one grouppre-post design, the selection of subjects with stratified random sampling and obtained 186 students of SMAN 2 Ungaran dan SMAN  2  Tuntang  in  class  X  and  XII  students.  Assessment  of  nutritional  status  of  students  with BMI/U.  Knowledge  measurement  with  questionnaires  before  and  after  snakes  and  ladders.  The effect of the snake ladder game on students' nutritional knowledge was tested using paired t-test.

Results: The average knowledge of nutrition of students before the intervention was 75.78±8.95 and  increased  to  90.37±6.3.  There  is  an  increase  in  nutrition  knowledge  of  adolescents  after playing snakes and ladders (p <0.005).

Conclusion :Nutrition education  with snack ladder improve knowledge of student

Abstrak :

Latar Belakang : Penyebab terjadinya masalah gizi pada remaja salah satunya adalah kurangnya pengetahuan gizi. Pedoman Gizi seimbang pada remaja perlu disampaikan dengan sebuah media yang menarik supaya mudah dipahami dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Media ular tangga dengan siswa sebagai bidaknya diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan gizi pada remaja.

Tujuan : mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap pengetahuan gizi remaja

Metode : Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental dengan one group pre-post design, pemilihan subjek dengan stratified random sampling dan didapatkan 186 siswa SMA Negeri 2 Ungaran dan SMA Negeri 2 Tuntang pada siswa kelas X dan XII. Penilaian status gizi siswa
dengan IMT/U. Pengukuran pengetahuan dengan kuesioner sebelum dan sesudah permainan ular tangga. Pengaruh permainan ular tangga terhadap pengetahuan gizi siswa diuji dengan menggunakan paired t-test.

Hasil: Rata-rata pengetahuan gizi siswa sebelum intervensi yaitu 75,78±8,95 dan meningkat menjadi 90,37±6,3. Terdapat peningkatan pengetahuan gizi remaja setelah melakukan permainan ular tangga ( p<0,005).

Simpulan : Permainan ular tangga meningkatkan pengetahuan gizi pada remaja

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Riva Mustika Anugrah, Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo

Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo

References

Achmadi AD. 2015. Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Media Buku Saku terhadap Peningkatan Pengetahuan dalam Pemilihan Jajan Anak SD
Muhamaddiyah 16 Surakarta. Artikel Publikasi Ilmiah Univeristas Muhammadiyah Surakarta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Republik Indonesia. 2013. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta

Florence. 2017. Hubungan Pengetahuan Gizi dan Pola Konsumsi dengan status Gizi pada Mahasiswa TPB Sekolah Bisnis dan Manajemen. Artikel Publikasi Ilmiah. Institut Teknologi Bandung

Kurniasih D, Hilmansyah H, Astuti MD. 2010. Sehat dan Bugar Berkat Gizi Seimbang. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Kurdanti dkk.2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Obesitas pada rRemaja. Jurnal Gizi Klinik Indonesia Vol 11 No.4.

Marisa dan Nuryanto. 2014. Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Komik Gizi Seimbang terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Siswa SDN Bendungan di Semarang

Notoatmodjo S. 2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta, Jakarta

Pedoman Gizi Seimbang. 2014. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Pardede N. 2008. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja: Masa Remaja. CV Sagung Seto, Jakarta.

Safitri NRD. 2016. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Ceramah dan Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Overweight. Artikel Penelitian. Universitas Diponegoro

Sharlin J, Edelstein S. 2011. Essentials of Life Cycle Nutrition. Jones and Bartlet Publisher, Massachusetts.

Suhardjo. 2003. Berbagai cara Pendidikan Gizi. Jakarta : Bumi Aksara

Sudargo T, Freitag H, Rosiani F, Kusmayanti NA. 2014. Pola Makan dan Obesitas Yogyakarta: Gadjah Mada Univerisity Press

Supariasa, 2011. Pendidikan dan Konsultasi Gizi. EGC, Jakarta

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

Anugrah, R. M. ., Wening, D. K. . and Anisya, Y. F. . (2018) “PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN GIZI REMAJA: THE EFFECT OF NUTRITIONAL EDUCATION THROUGH LADDER SNAKE GAME ON NUTRITIONAL KNOWLEDGE OF ADOLESCENT”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 10(24), pp. 212–218. doi: 10.35473/jgk.v10i24.36.

Most read articles by the same author(s)