Efek Lilin Aromaterapi Lavender Terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Persalinan Normal Kala I Fase Aktif Pada

Authors

  • Restiana Kartika MH Universitas Ngudi Waluyo
  • Jatmiko Susilo Universitas Ngudi Waluyo
  • Puji Lestari Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Lilin aroma terapi lavender, Intensitas nyeri persalinan

Abstract

Nyeri persalinan merupakan proses fisiologis yang dialami oleh ibu melahirkan, namun ibu yang tidak mampu mengontrol nyerinya menyebabkan ibu menjadi stress dalam menghadapi persalinannya yang membuat impuls nyeri bertambah banyak. Penggunaan lilin aromaterapi lavender diduga mampu meningkatkan relaksasi, menurunkan stress, serta mengurangi nyeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek lilin aromaterapi lavender terhadap perubahan intensitas nyeri persalinan normal kala I fase aktif pada primigravida di Wilayah Kerja Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang

Penelitianquasy experimen denganpretest and posttest control group design.Jumlah populasi ibu bersalin normal di bulan Januari sejumlah 70 ibu bersalin. Dalam penelitian ini sampel sejumlah 32 responden diambil dengan teknik Accidental Sampling. Analisis univariat menggunakan uji distribusi frekuensi dan perubahan yang teramati diuji dengan uji t-test (paired t-test dan unpair t-test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan intensitas nyeri persalinan sebelum dan sesudah diberikan lilin aromaterapi lavender pada kelompok intervensi dengan p-value sebesar 0,004< α (0,05), tetapi ada perbedaan tidak signifikan pada kelompok kontrol dengan p value sebesar 0,096 > α (0,05). Serta ada pengaruh lilin aromaterapi lavender terhadap perubahan intensitas nyeri persalinan normal kala I fase aktif pada primigravida di Wilayah Kerja Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang dengan p-value sebesar 0,000 < α (0,05)).

Hasil penelitian ini diharapkan bagi profesi kebidanan agar dapat dipraktekkan untuk mengontrol nyeri persalinan normal pada ibu primigravida sehingga dapat mewujudkan asuhan sayang ibu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andarmoyo, S & Suharti.(2013).
Persalinan tanpa nyeri berlebihan.
Yogyakarta :Ar-Ruzzz Media
Baety, A. (2011).Biologi reproduksi,
kehamilan dan persalinan
Yogyakarta:Graha Ilmu
Bobak, I.M., Lowdermilk, D.L., & Jensen ,
M.D.,(2005). Buku ajar
keperawatan maternitas (Maternity
Nursing). Jakarta: EGC. Alih
Bahasa
Fauziah & Sudarti.(2012).Teori
pengukuran nyeri persalinan.
Yogyakarta:Nuha Medika
Hidayat dan Sujiyatini.(2010). Asuhan
kebidanan
persalinan.Yogyakarta:Nuha
Medika

Downloads

Published

2015-09-08

How to Cite

Restiana Kartika MH, Jatmiko Susilo and Puji Lestari (2015) “Efek Lilin Aromaterapi Lavender Terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Persalinan Normal Kala I Fase Aktif Pada”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 7(14), pp. 95–103. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/141 (Accessed: 24 April 2024).