Gambaran Pengetahuan Tentang Asi Eksklusif Dan Cara Pemberian Asi Pada Ibu Menyusui Yang Bekerja Di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus

Authors

  • Rizka Aprillia Ardani Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Pengetahuan ASI Eksklusif, cara pemberian ASI

Abstract

ASI Eksklusif adalah hanya diberi ASI saja, tanpa tambahan cairan lain atau makanan apapun. Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah bagaimana ibu yang bekerja dapat tetap memberikan ASI kepada bayinya secara eksklusif sampai enam bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang ASI Eksklusif dan cara pemberian ASI pada ibu menyusui yang bekerja di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus.

Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif, dengan pendekatan cross sectional.Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu menyusui yang bekerja di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo kabupaten Kudus sebanyak 52 orang. Sedangkan sampel yang diteliti sebanyak 40 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur. Selanjutnya data dianalisa menggunakan analisis univariat dengan tabel distribusi frekuensi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu menyusui yang bekerja tentang ASI Eksklusif di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo kabupaten Kudus sebagian besar dalam kategori cukup sejumlah 19 orang (47,5%) dan sebagian besar ibu meneteki bayinya sebelum ditinggal bekerja sejumlah 34 orang (85,0%), sebagian besar ibu tidak memberikan ASI Eksklusif pada bayi saat ditinggal bekerja sejumlah 35 orang (87,5%) dan sebagian besar ibu meneteki bayinya sesudah pulang bekerja sejumlah 38 orang (95,0%).

Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi ibu menyusui yang bekerja, diharapkanlebih meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya ASI Eksklusif supaya pemberian ASI Eksklusif dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prasetiyono, DS. (2012). Buku Pintar ASI
Eksklusif. Jogjakarta: Diva Press.
2. Pudjiadi. (2007). Ilmu gizi klinis pada
anak. Edisi 4. Jakarta : FK UI
3. Widuri H.(2013).Cara Mengelola
Eksklusif bagi Ibu
Bekerja.Yogyakarta:Gosyen Publishing.

Downloads

Published

2015-09-08

How to Cite

Rizka Aprillia Ardani (2015) “Gambaran Pengetahuan Tentang Asi Eksklusif Dan Cara Pemberian Asi Pada Ibu Menyusui Yang Bekerja Di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 7(14), pp. 104–110. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/142 (Accessed: 28 March 2024).