Hubungan Menyendawakan Bayi Dengan Kejadian Gumoh Pada Bayi 0-6 Bulan Di Desa Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung

Authors

  • Susanti Universitas Ngudi Waluyo
  • Heni Hirawati Pranoto Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Menyendawakan bayi adalah langkah penting ketika menyusui. Tujuan dari menyendawakan bayi adalah mengeluarkan udara dari lambung supaya bayi tidak muntah setelah menyusui.Cara menyendawakan bayi diantaranya dengan menggendong bayi tegak dengan bersandar pada bahu ibu, kemudian punggung nya di tepuk perlahan-lahan atau bayi tidur tengkurap di pangkuan ibu kemudian punggungnya di tepuk perlahan-lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan menyendawakan bayi dengan kejadian gumoh pada bayi 0-6 bulan di Desa Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung.

Desain penelitian ini adalah analitik korelasi dengan melakukan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah bayi dengan kejadian gumoh pada bayi 0-6 bulan di Desa Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung dengan jumlah sampel 48 bayi dengan teknik pengambilan sampel total sampling.

Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data dilakukan menggunakan analisis korelasi kendall’s tau

Hasil penelitian menunjukkan bayi 0-6 bulan sebagian besar disendawakan dalam kategori cukup yaitu sebanyak 18 orang (37,5%).Kejadian gumoh pada bayi 0-6 bulan sebagian besar kategori kadang-kadang yaitu sebanyak 24 orang (50%).Ada hubungan menyendawakan bayi dengan kejadian gumoh pada bayi 0-6 bulan di Desa Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, dengan p value = 0,029 (α = 0,05).

Hendaknya ibu nifas meningkatkan pengetahuan tentang cara menyendawakan bayi dengan aktif menggali informasi sehingga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menerapkan teknik menyusui yang benar dengan baik sebagai upaya mencegah kejadian gumoh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta :
Rineka Cipta.
Bahiyatun, 2009. Buku Ajar Kebidanan
Asuhan Nifas Normal. Jakarta:
EGC.
Beherman, Kliegman dan Ervin, 2008. Ilmu
Kesehatan Anak Nelson. Volume 3.
Jakarta: EGC.
Benson dan Peroll, 2009. Buku saku Obsetry
Gynecology William. Jakarta. EGC.
Notoatmodjo, 2010. Metodologi penelitian
kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta,
Novita, 2007. Serba-serbi Anak. Jakarta : PT
Media Elex komputindo
Soetjiningsih, 2007. Buku Ajar Tumbuh
Kembang Remaja dan Permasalahannya.
Jakarta : Sagung Seto.
Suririnah, 2009. Buku Pintar Kehamilan dan
Persalinan. Jakarta : PT. Gramedia.
Yuliarti, 2010. Keajaiban ASI, Yogyakarta :
Penerbit Andi

Downloads

Published

2015-09-08

How to Cite

Susanti and Heni Hirawati Pranoto (2015) “Hubungan Menyendawakan Bayi Dengan Kejadian Gumoh Pada Bayi 0-6 Bulan Di Desa Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 7(14), pp. 146–152. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/149 (Accessed: 25 April 2024).