Hubungan Frekuensi Pijat Bayi Dengan Kualitas Tidur Bayi Umur 6 - 12 Bulan Di Desa Pringsurat Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung.

Authors

  • Wahyu Putri Beauty Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Frekuensi pijat, kualitas tidur bayi

Abstract

Pijat bayi merupakan salah satu cara yang menyenangkan yang akan membuat perasaan nyaman bagi bayi. Karena pijatan lembut akan membantu meringankan ketegangan otot sehingga bayi menjadi tenang dan tertidur. Kualitas tidur bayi mempengaruhi perkembangan bayi, sebab dengan tidur yang baik maka bayi akan tumbuh menjadi anak yang berkembang dengan baik pula. Bayi yang aktif dan tumbuh normal biasanya mempunyai waktu yang cukup untuk tidur.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan frekuensi pijat bayi dengan kualitas tidur bayi pada umur 6 - 12 bulan.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi sejumlah 42 responden. Besar sampel sejumlah 42 responden, dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Kendal tau.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Frekuensi pijat bayi pada bayi umur 6 - 12 bulan sebagian besar dalam kategori jarang yaitu sebanyak 32 orang (76,2%) dan kualitas tidur bayi sebagian besar dalam kategori tidak baik yaitu sebanyak 25 orang (59,5%). Hasil Uji Kendall’s tau didapatkan basil p-value sebesar 0,036 (α = 0,05) disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara frekuensi pijat bayi dengan kualitas tidur bayi pada umur 6 - 12 bulan di Desa Pringsurat Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung.

Hendaknya ibu yang mempunyai bayi meningkatkan kualitas tidur bayi dengan memberikan pijat bayi secara rutin minimal 3 kali dalam satu minggu. Guna mewujudkannya, ibu bayi dapat belajar melakukan pijat bayi yang benar dengan tenaga kesehatan atau mengikuti kursus-kursus tentang pijat bayi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Siska. 2005. Pijat Dan Asupan Gizi
Tepat. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Hidayat, 2006. Pengantar Kebutuhan Dasar
Manusia: Aplikasi Konsep dan Proses
Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Maryunani, Anik.2010. Ilmu Kesehatan Anak
Dalam Kebidanan. Jakarta : TIM.
Notoatmodjo S. 2010. Metodologi Penelitian
Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmodjo,S., 2010. Metodologi Penelitian
Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Notoatmodjo. (2007). Promosi kesehatan dan
ilmu perilaku. Jakarta : PT Rieneka Cipta.
Nursalam.2003. Konsep dan Penerapan
Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.
Jakarta : Salemba Medika.

Downloads

Published

2015-09-08

How to Cite

Wahyu Putri Beauty (2015) “Hubungan Frekuensi Pijat Bayi Dengan Kualitas Tidur Bayi Umur 6 - 12 Bulan Di Desa Pringsurat Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung”., JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 7(14), pp. 153–160. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/150 (Accessed: 19 April 2024).