HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PENYIMPANAN GARAM DENGAN KADAR YODIUM GARAM PADA RUMAH TANGGA DI DESA JRAHI KECAMATAN GUNUWUNGKAL KABUPATEN PATI

Authors

  • Putri Janurwati Universitas Ngudi Waluyo
  • Sigit Ambar Widyawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Sri Wahyuni Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Kadar yodium

Abstract

GAKY salah satu masalah kesehatan masyarakat yang serius, hal ini tidak terbatas pada gondok dan kreatinisme saja, tetapi berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia secara luas. Kecamatan Gunungwungkal merupakan salah satu kecamatan endemis dengan prevalensi gondok anak sekolah 32,33%. Salah satu penanggulangan GAKY adalah peningkatan konsumsi garam beryodium. Pati merupakan daerah penghasil garam, akan tetapi tingkat konsumsi garam beryodium masyarakat Pati masih kurang yaitu 74,63%. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu tentang penyimpanan garam dengan kadar yodium garam pada rumah tangga di Desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati.

Desain yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga yang mempunyai anak SD yang ada di Desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati tahun 2015 dengan sampel sebanyak 100 rumah tangga yang  diambil secara simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Iodine test, Analisis datamenggunakanuji Chi Square(α= 0,05).

Hasil analisis data diperoleh sebanyak 64,0% memiliki pengetahuan kurang baik, 52,0% mempunyai sikap negatif, dan 51,0% menggunakan garam dengan kandungan yodium kurang. Hasil uji Chi Square menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang penyimpanan garam dengan kadar yodium garam ( p = 0,0001), ada hubungan yang signifikan antara sikap ibu tentang penyimpanan garam dengan kadar yodium garam ( p = 0,0001)

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisman. 2010. Buku Ajar Ilmu Gizi : Gizi
Dalam Daur Kehidupan Edisi 2.
Jakarta: EGC.
Azwar, Saifuddin. 2012. Sikap Manusia,
Teori dan Pengukurannya.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depkes RI, 2005, Rencana Aksi Nasional
Kesinambungan Program
Penanggualangan Gangguan
Akibat Kekurangan Yodium,
Jakarta: Tim Penanggulangan
GAKY Pusat.
Dinkes Kabupaten Pati, 2009. Rekapitulasi
Hasil Pemetaan Garam
Beryodium di Tingkat Masyarakat
Tingkat Kabupaten. Kabupaten
Pati
Dinkes Kabupaten Pati, 2014. Rekapitulasi
Hasil Pemetaan Garam
Beryodium di Tingkat Masyarakat
Tingkat Kabupaten. Kabupaten
Pati

Downloads

Published

2016-07-07

How to Cite

Putri Janurwati, Sigit Ambar Widyawati and Sri Wahyuni (2016) “HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PENYIMPANAN GARAM DENGAN KADAR YODIUM GARAM PADA RUMAH TANGGA DI DESA JRAHI KECAMATAN GUNUWUNGKAL KABUPATEN PATI”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 8(18), pp. 76–83. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/167 (Accessed: 25 April 2024).