HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG POSYANDU BALITA DENGAN KUNJUNGAN IBU KE POSYANDU BALITA DI DESA TAMBAKSARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ROWOSARI

Authors

  • Feni Setyowati Universitas Ngudi Waluyo
  • Fitria Primi Astuti Universitas Ngudi Waluyo
  • Sundari Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Pengetahuan, Kunjungan. Posyandu

Abstract

Upaya untuk menurunkan Angka Kesakitan Balita yaitu salah satunya dengan kegiatan posyandu. Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Bersumber Daya Masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Pada tahun 2013 jumlah posyandu di Kabupaten Kendal yang aktif yaitu sebanyak 1.397 posyandu. Data kunjungan Posyandu terendah di Kabupaten Kendal yaitu di Wilayah Kerja  Puskesmas Rowosari tepatnya di Desa Tambaksari yaitu terdapat balita sebanyak 2638 balita (69,3%).

Desain penelitian ini menggunakan pendekatan secaraCross Sectional, dengan desain penelitian studikorelasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2015 di Desa Tambaksari Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai balita usia 12-59 bulan di Desa Tambaksari Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari yang berjumlah 228 responden. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden.  Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Proportionate Random Sampling

Hasil penelitian ini menunjukan Sebagian besar responden dengan pengetahuan kurang yaitu sejumlah 36 responden (51,4%); Sebagian besar responden yang kunjungannya tidak baik yaitu sejumlah 40 responden (57,1); Ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang posyandu balita dengan kunjungan ibu ke posyandu balita di Desa Tambaksari Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari, diketahui bahwa p value=0.005 < a (0,05). Saran yang diberikan pada masyarakat khususnya ibu yang mempunyai balita diharapkan supaya selalu aktif dalam berkunjung ke posyandu agar tumbuh kembang balita terpantau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Rineka Cipta, Jakarta
Departemen Kesehatan Republik
Indonesia. (2006). Tujuan
Pembangunan Nasional. Depkes RI,
Jakarta
Departemen Kesehatan Republik
Indonesia. (2009). Pedoman Umum
Pengelolaan Posyandu. Depkes RI,
Jakarta
Departemen Kesehatan Republik
Indonesia. (2010). Kunjungan Balita
ke Posyandu. Depkes RI, Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional,. (2010).
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pusat Bahasa: Gramedia Pustaka
Utama.
Dewi, M dan Wawan, A. (2010). Teori dan
Pengukuran Pengetahuan Sikap dan
Perilaku. Nuha Medika, Yogyakarta
Dinas Kesehatan Kota Semarang. (2012).
Profil Kesehatan Jawa Tengah
Dinas Kesehatan Kota Semarang. (2013).
Profil Kesehatan Jawa Tengah
Hidayat, A. Aziz Alimul. (2010). Metode
Penelitian Kebidanan dan Teknik
Analisa Data. Salemba Medika,
Jakarta.

Downloads

Published

2016-09-13

How to Cite

Feni Setyowati, Fitria Primi Astuti and Sundari (2016) “HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG POSYANDU BALITA DENGAN KUNJUNGAN IBU KE POSYANDU BALITA DI DESA TAMBAKSARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ROWOSARI”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 8(19), pp. 150–157. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/176 (Accessed: 29 March 2024).