Hubungan Pengetahuan Label Halal dan Kesadaran Kesehatan dengan Keputusan pembelian Makanan Kemasan Halal pada Santri Pondok Pesantren Al-quran Al-amin Pabuwaran, Purwokerto

The Relationship Between Halal Label Knowledge and Health Awareness with Halal Food Purchasing Decisions on Santri Pesantren Al-Quran Al-amin Pabuwaran, Purwokerto

Authors

  • Nafa Shifa Tsaniyah Universitas Jenderal Soedirman
  • Indah Nuraeni Universitas Jenderal Soedirman
  • Munasib Universitas Jenderal Soedirman
  • Atikah Proverawati Universitas Jenderal Soedirman
  • Izka Sofiyya Wahyurin Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.35473/jgk.v16i1.478

Keywords:

Halal Label Knowledge, Health Awareness, Purchasing Decisions

Abstract

Many packaged foods in Indonesia do not have halal product assurance. Therefore, it is important for the Muslim population in Indonesia to have knowledge of halal labeling so that they can carefully distinguish food that is safe to buy. People who have health awareness will prefer to buy halal packaged food because it has health guarantees. This study aims to determine the relationship between halal labeling knowledge and health awareness with the decision to purchase halal packaged food. The research method used analytic observations with a cross-sectional design. The population were all students of Pondok Pesantren Al-quran Al-amin Pabuwaran, Purwokerto, Central Java. The sample was selected using purposive sampling technique. Data was collected using a questionnaire which was analyzed using the chi-square test. Descriptive data is presented in the form of a frequency distribution table. The results showed that students' halal labeling knowledge was not related to students' halal packaged food purchasing decisions, and students' health awareness was related to students' halal packaged food purchasing decisions.

 

ABSTRAK

Banyak makanan kemasan di Indonesia yang belum memiliki jaminan produk halal. Oleh karena itu, penting bagi penduduk muslim di Indonesia memiliki pengetahuan label halal agar dapat membedakan makanan yang aman untuk dibeli. Masyarakat yang memiliki kesadaran kesehatan, akan lebih memilih membeli makanan kemasan halal karena memiliki jaminan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan label halal dan kesadaran kesehatan dengan keputusan pembelian makanan kemasan halal. metode penelitian menggunakan observasional analitik dengan desain cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh santri Pondok Pesantren Al-quran Al-amin Pabuwaran, Purwokerto, Jawa Tengah. Sampel penelitian sebanyak 52 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji chi-square. Data deskriptif disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa pengetahuan label halal santri tidak berhubungan dengan keputusan pembelian makanan kemasan halal santri dan kesadaran kesehatan santri berhubungan dengan keputusan pembelian makanan kemasan halal santri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nafa Shifa Tsaniyah, Universitas Jenderal Soedirman

Department of Nutrition, Faculty of Health Sciences

Indah Nuraeni, Universitas Jenderal Soedirman

Department of Nutrition, Faculty of Health Sciences

Munasib, Universitas Jenderal Soedirman

Department of Nutrition, Faculty of Health Sciences

Izka Sofiyya Wahyurin, Universitas Jenderal Soedirman

Department of Nutrition, Faculty of Health Sciences

References

Adrian, M. G. 2019. Pengaruh Persepsi Nilai, Kesadaran Kesehatan, dan Kepedulian Keamanan Pangan terhadap Niat Beli Makanan Organik di Kota Malang. Universitas Brawijaya.

Kumbara, V. B. 2021. Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), pp. 604–630.

Bulan, T. P. L. 2016. Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian sosis di Kuala Simpang kabupaten Aceh Tamiang, Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), pp. 431–439.

Darsini, D., Fahrurrozi, F. & Cahyono, E. A. 2019. Pengetahuan; Artikel Review, Jurnal Keperawatan, 12(1), p. 13.

Ekoyudho, P. 2021. Factors That Influence Muslims’ Buying Behaviour Of Halal Meat Products In The Special Region Of Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Fahruddin, A. R. 2019. Implementasi Pengelolaan Makanan Halal Di Indonesia (Studi Analisis UU Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal), At-Tasharruf" Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah", 1(1), pp. 37–46.

Fatrikawati, H. & Hamidah, S. 2017. Pengaruh Pengetahuan Makanan Sehat terhadap Kebiasaan Makan Kelas X Boga SMKN 4 Yogyakarta, Journal of Culinary Education and Technology, 6(2).

Handayani, D. N. M. 2019. Upaya Pengurangan Konsumsi Junk Food untuk Menurunkan Risiko Penyakit Tidak Menular, INA-Rxiv. June, 25.

Hartono, N. 2022. Hubungan tingkat pengetahuan terhadap perilaku penggunaan obat halal pada santri tingkat SMA/MA di Jombang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hidayat, M. T., Retnoningsih, S. & Hadiyati, R. 2018. Kampanye Pencegahan Pembuangan Makanan Bagi Masyarakat Dengan Berbagi Makanan Terhadap Sesama, Jurnal Rekamakna Institut Teknologi Nasional.

Himawan, H. 2019. Pengaruh kesadaran kesehatan dan produk makanan terhadap minat beli restoran vegetarian dengan variabel moderasi religiusitas di Indonesia. Universitas Tarumanagara.

Izzuddin, A. 2018. Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner Jember, Prosiding Ekonomi Kreatif di Era digital,1(1).

Khoerunnisa, T. & Puspaningrum, A. 2016. Pengaruh kepercayaan agama, logo halal, pemaparan, dan alasan kesehatan terhadap kesadaran merek dan keputusan pembelian makanan halal pada penduduk Kota Malang, Ekonomi Bisnis, 21(1), pp. 36–45.

Kotler, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., Hansen, T. 2019. Marketing Management: 4th European Edition. Pearson UK.

Kusharyadi, F. A. 2019. Analisis Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan pada Santri Pondok Pesantren Darul Irfan Kota Serang, UIN SMH Banten.

Lestari, T. R. P. 2020. Keamanan Pangan Sebagai Salah Satu Upaya Perlindungan Hak Masyarakat Sebagai Konsumen, Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 11(1), pp. 57–72.

Lismanizar, S. U. 2018. Pengaruh Keamanan Pangan, Kesadaran Kesehatan, Nilai Yang Dirasakan Dan Harga Terhadap Niat Beli Makanan Cepat Saji Pada Konsumen KFC Di Kota Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), pp. 85–95.

Marginingsih, S. 2021. Pengaruh Health Consciousness, Halal Awareness, dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention (Studi Konsumen Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) di Kabupaten Kebumen). Universitas Putra Bangsa.

Mutmainnah 2022. Implementasi dan Sejarah Panjang Logo Halal Indonesia, Jurnal ekonomi dan bisnis islam, 2(P-ISSN : 2775-6920 E-ISSN: 2775-9504), pp. 23–36.

Nurhasah, S., Munandar, J. M. & Syamsun, M. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli produk makanan olahan halal pada konsumen, Jurnal Manajemen dan Organisasi, 8(3), pp. 250–260.

Pebrianti, W. & Rosalin, I. 2021. Pengaruh Kesadaran Kesehatan dan Perceived Barriers terhadap Attitude Toward Organic Food dan Dampaknya terhadap Minat Beli, Cakrawala Management Business Journal, 4(1), pp. 822–834.

Pertiwi, W. E. & Karmila, K. 2020. Determinan Personal Hygiene pada Siswa-Siswi Asrama, Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(04), pp. 239–247.

Prahesti, G. A. 2018. Pengaruh Labelisasi Halal, Pengetahuan Produk, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Konsumsi Makanan Cepat Saji (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Universitas Brawijaya.

Pramintasari, T. R. & Fatmawati, I. 2017. Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal, Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), pp. 1–33.

Puspasari, D. & Farapti, F. 2020. Hubungan Konsumsi Makanan Jajanan dengan tatus Gizi pada Mahasiswa [Association between Snack Consumption and Nutritional Status among Undergraduate Students], Media Gizi Indonesia, 15(1), pp. 45–51.

Putri, R. A., Shaluhiyah, Z. & Kusumawati, A. 2020. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku makan sehat pada remaja SMA di Kota Semarang, Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 8(4), pp. 564–573.

Setyawan, B. Y. 2021. Kemasan Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil Menengah Makanan dan Minuman di Jawa Timur’, Jurnal Kewidyaiswaraan, 6(2), pp. 188–196.

Soesilowati, E. S. & Yuliana, C. I. 2013. Komparasi Perilaku Konsumen Produk Halal di Area Mayoritas dan Minoritas Muslim’, Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 21(2), pp. 167–178.

Sucipta, N., Suriasih, K. & Kencana, P. 2017. Kajian Pengemasan Yang Aman, Nyaman, Efektif dan Efisien. Denpasar : Unudpress.

Syecha, P. N. 2016. Hubungan Akses Informasi Kesehatan Dengan Health Literacy Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Triana, U. 2022. Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Bahan Makanan, dan Citra Merek Produk terhadap Konsumsi Produk Maknaan Halal (Studi Kasus Mahasiswa Muslim di Malang), Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Ustanti, M., Inayah, N. & Yahya, U. 2022. Pengaruh Kesadaran Halal dan Religiusitas terhadap Minat Beli pada Produk Makanan di Tokoh “RIZQUNA” Blokagung Karangdoro Banyuwangi, Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 3(1), pp. 121–139.

Widodo, T. 2014. Respon Konsumen Terhadap Produk Makanan Insta’, Among Makarti, 6(2).

Yani, R. A. 2014. Pengaruh Minuman Kemasan Sachet (M) Dengan Frekuensi Berbeda Terhadap Kadar Kolesterol Darah Mencit (Mus musculus). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Tsaniyah, N. S., Nuraeni, I., Munasib, Atikah Proverawati and Wahyurin, I. S. (2024) “Hubungan Pengetahuan Label Halal dan Kesadaran Kesehatan dengan Keputusan pembelian Makanan Kemasan Halal pada Santri Pondok Pesantren Al-quran Al-amin Pabuwaran, Purwokerto: The Relationship Between Halal Label Knowledge and Health Awareness with Halal Food Purchasing Decisions on Santri Pesantren Al-Quran Al-amin Pabuwaran, Purwokerto”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 16(1), pp. 11–22. doi: 10.35473/jgk.v16i1.478.