Hubungan Antara Pola Asuh Dengan Kesulitan MakanPada Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di Tk Leyangan Kabupaten Semarang

Authors

  • Martina Nafratilawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Mona Saparwati Universitas Ngudi Waluyo
  • Rosalina Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Pola asuh, Kesulitan Makan, Anak Prasekolah

Abstract

Anak usia prasekolah yaitu anak yang mengalami perkembangan psikis menjadi balita yang lebih mandiri, autonom, dapat berinteraksi dengan lingkungannya, serta dapat lebih mengekspresikan emosinya. Sifat perkembangan khas yang terbentuk ini turut mempengaruhi pola makan anak. Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak, lebih jelasnya, yaitu bagaimana sikap atau prilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak, termasuk caranya menerapkan aturan, mengajarkan nilai/norma, memberikan perhatian dan kasih sayang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kesulitan makan pada anak prasekolah (3-5 tahun) di TK Leyangan Kabupaten Semarang.

Jenis penelitian ini adalah descriptive correlation dengan pendekatan cross secsional. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Februari 2014 dengan tkhnik total sampling dengan jumlah sampel 60 orang tua di TK Leyangan Kabupaten semarang. Analisis ini menggunakan uji Chi Square.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan pada anak prasekolah di TK Leyangan Kabupaten Semarang kebanyakan otoriter 24 (40,0%), demokratis sebanyak 20 (33,3%), dan permisif sebanyak 16 (26,7%). Sedangkan kesulitan makan pada anak prasekolah sebanyak 26 (43,3), dan tidak mengalami kesulitan makan sebanyak 34 (56,7%.). Berdasarkan uji chi square didapatkan nilai p value sebesar 0,006 (p value < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kesulitan makan pada anak prasekolah (3-5 tahun) di TK Leyangan Kabupaten Semarang.

Berdasarkan hasil tersebut diharapkan kepada orang tua untuk menerapkan pola asuh yang baik dan benar kepada anaknya untuk lebih tepat dalam mengatur pola makan anak.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun H .(2012). Kesalahan-Kesalahan Pola
Makan pemicu seabrek Penyakit
mematikan. Jakarta: Gramedia
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur
Penelitian, Suatu Prosedur Praktek.
Jakarta: P.T Rineka cipta.
Barasi ME. At A Glance : Ilmu gizi. Jakarta :
Erlangga; 2007; 82-3.
Dewi, I 2008, ‘Mengenal bentuk pola asuh
orang tua’, viewed 15 September
2008,
Judarwanto W. Mengatasi kesulitan makan
Anak, Puspaswara, publisher, 2005.
Judarwanto W. (2005). Pengalaman
Penatalaksanaan Kesulitan Makan
pada Anak di Picky Eaters Clinic
Jakarta.

Downloads

Published

2015-09-08

How to Cite

Martina Nafratilawati, Mona Saparwati and Rosalina (2015) “Hubungan Antara Pola Asuh Dengan Kesulitan MakanPada Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di Tk Leyangan Kabupaten Semarang”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 7(14), pp. 64–71. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/137 (Accessed: 18 April 2024).