Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Citra Tubuh Pada Remaja Obesitas di SMK Widyapraja Ungaran

Authors

  • Sahban Universitas Ngudi Waluyo
  • Rosalina Universitas Ngudi Waluyo
  • Mona Saparwati Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

dukungan orang tua, citra tubuh,remaja obesitas

Abstract

Citra tubuh adalah sikap individu yang disadari atau tidak disadari terhadap tubuhnya termasuk persepsi serta perasaan masa lalu dan sekarang tentang ukuran, fungsi, penampilan dan potensi. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan citra tubuh adalah jenis kelamin, usia, media massa serta dukungan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan citra tubuh pada remaja obesitas di SMK Widyapraja Ungaran.

Jenis desain dalam penelitian ini berbentuk desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah remaja obesitas di SMK Widyapraja Ungaran, dengan sampel 34 responden menggunakan teknik total sampling serta alat pengambilan data menggunakan kuesioner. Uji analisis data menggunakan analisis chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua pada remaja obesitas di SMK Widyapraja Ungaran sebagian besar dalam kategori kurang baik yaitu sebanyak 18 orang (52,9%). Citra tubuh pada remaja obesitas SMK Widyapraja Ungaran sebagian besar dalam kategori negatif yaitu sebanyak 20 orang (58,8%). Ada hubungan dukungan orang tua dengan citra tubuh pada remaja obesitas di SMK Widyapraja Ungaran, dengan p value 0,006 (α = 0,05).

Hendaknya remaja yang mengalami obesitas meningkatkan pengetahuan tentang obsesitas dan citra tubuh dengan menggali informasi lebih mendalam baik melalui tenaga kesehatan, buku-buku dan seminar-seminar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani. 2006. Psikologi Perkembangan.
Bandung: Refika
Cash. 2004. Body image: Past, Present,
And Future. Body Image, 1, 1–5.
penerbit tidak dipublikasikan
Dariyo. 2004. Psikologi Perkembangan
Remaja . Ghalia Indonesia Bogor.
Hurlock. 2004. Psikologi Perkembangan,
Jakarta : Erlangga.
Lestari, 2012. Psikologi Keluarga
(Penanaman Nilai dan Penanganan
Konflik dalam Keluarga.Jakarta : PT.
Kencana Prenada Media Group
Notoatmodjo, 2010. Metodologi penelitian
kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan
Metodologi Penelitian Ilmu
Keperawatan, Jakarta : Salemba
Medika.
Proverawati, A, 2010. Obesitas dan
gangguan perilaku makan pada remaja.
Yogyakarta : Nuha Medika

Downloads

Published

2015-09-08

How to Cite

Sahban, Rosalina and Mona Saparwati (2015) “Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Citra Tubuh Pada Remaja Obesitas di SMK Widyapraja Ungaran”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 7(14), pp. 112–117. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/143 (Accessed: 20 April 2024).