Literature Review: Efektivitas Penggunaan Media Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Siswa Sekolah Dasar Tentang Gizi Seimbang

(Literature Review : Effectiveness of the Use of Nutrition Education Media on Knowledge and Attitudes of Elementary School Students on Balanced Nutrition)

Authors

  • Arneta Anggraeni Putri Sumantri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratih Kurniasari Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Edukasi gizi, media edukasi, siswa sekolah dasar

Abstract

Elementary school students are students aged 6-12 years. Education can increase a person's knowledge, with an increase in knowledge it is expected that there will be changes in better behavior towards nutrition and health. A person will have good knowledge if that person can use his five senses to the maximum extent possible. To determine the effectiveness of nutrition education media on the knowledge and attitudes of elementary school students about Balanced Nutrition. The use of Android and the website is devastating for elementary school students in nutrition education so that it can have a positive impact on the use of smartphones and the internet. The use of puzzles as a medium for balanced nutrition education can generate high interest for students. The use of wayang media and booklets can easily identify and understand the role of each character in delivering nutrition education. The use of comics has various interesting animation images so that nutrition education delivered to elementary school students can be accepted more easily. The use of video on balanced nutritional behavior in students is because videos can be more easily accepted by students because they relate directly to their senses of sight and hearing. Several studies have shown that nutrition education media can change the behavior of elementary school students for the better. Each balanced nutrition education media is on average effective for use by elementary school student.

ABSTRAK
Siswa sekolah dasar merupakan siswa yang memiliki jenjang usia 6-12 tahun. Pendidikan dapat meningkatan pengetahuan seseorang, dengan adanya peningkatan pengetahuan diharapkan akan terjadi perubahan perilaku yang lebih baik terhadap gizi dan kesehatan. Seseorang akan memiliki pengetahuan yang baik apabila seoseorang tersebut dapat menggunakan panca indranya dengan semaksimal mungkin.Untuk mengetahui efektivitas media edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap pada siswa Sekolah Dasar tentang Gizi Seimbang. Penggunaan Android dan website sengat efektif digunakan untuk siswa Sekolah Dasar dalam edukasi gizi sehingga dapat memberikan dampak positif dari penggunaan smartphone dan internet. Penggunaan puzzle sebagai media edukasi gizi seimbang dapat menimbulkan minat yang tinggi bagi siswa. Penggunaan media wayang dan booklet dapat dengan mudah untuk mengetahui dan memahami peran masing-masing tokoh dalam menyampaikan pendidikan tentang gizi.  Penggunaan komik memiliki berbagai animasi gambar yang menarik sehingga edukasi gizi yang disampaikan kepada siswa Sekolah Dasar dapat diterima dengan lebih mudah. Penggunaan video terhadap perilaku gizi seimbang pada siswa karena video dapat lebih mudah diterima siswa karena mengaitkan langsung dengan indera penglihatan dan pendengarannya. Beberapa studi membuktikan bahwa media edukasi gizi mampu mengubah perilaku siswa Sekolah Dasar menjadi lebih baik. Setiap media edukasi gizi seimbang rata-rata efektif untuk digunakan oleh siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyan Pramono, N. P. S. F. M. N., (2014). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi. Jurnal Gizi Indonesia, pp. 32-36.

Afiani, N. S. &. R., (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, pp. 2(1) : 7 - 17.

Amalia, Y. d., (2015.) Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, p. 2(2) : 40.

Andreanda Nasution, A. S. N., (2020). Puzzle Gizi sebagai Upaya Promosi terhadap Perilaku Gizi. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, pp. 16(1) : 89 - 99.

Debora Tisa Br H, B. Y. S. A. W., (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Audio Visual (Video) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang. Jurnal Kesehatan, pp. 13(1) : 19 - 24.

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat. , (2013). Gizi dan Kesehatan Masyarakat. In: Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fachruddin Perdana, S. M. I. E., (2017). Pengembangan Media Edukasi Gizi Berbasis Android Dan Website Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Tentang Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Pangan, pp. 12(3) : 169 - 178.

Fitriana, A. N. A. &. A. A. C., (2013). Hubungan Faktor Perilaku,. Media Gizi Indonesia, pp. 20-27.

Komara, Z. Z. K. Z. Z. W. M. Y. S., (2019). Pendidikan Gizi Seimbang Dengan Media Video Lagu Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Siswa. Jurnal Riset Kesehatan, pp. 11(2) : 60 - 66.

Laswati, D. T., (2017). Masalah Gizi Dan Peran Gizi Seimbang. Agrotech, pp. 2(1) : 69 - 73.

Lingga, N. L., (2015). [Online]

Available at: http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-5874-SKRIPSI

[Accessed 15 Maret 2018].

M, A. d. W. B., (2012). Pengantar Gizi Masyarakat. In: Jakarta: Kencana Prenada Media.

Marisa, N., (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Komik Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pada Siswa Bendungan Di Semarang. Journal of Nutrition College, pp. 3(4) : 925 - 932.

Maulida Amalia Utami, S. F. S., (2020). Pengaruh Media Wayang Dan Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Health Development, pp. 2(3) : 154 - 162.

Notoatmodjo, S., (2014.) lmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur Intania Sofianita, E. M. F. A. A., (2018). Intervensi Pendidikan Gizi Seimbang terhadap Pengetahuan,. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, pp. 54-64.

Nuryanto, A. P. N. P. S. F. M., (2014). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi. Jurnal Gizi Indonesia, pp. 3(1) : 32 - 36.

Nuryanto, A. P. N. P. S. F. M., (2014). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi. Jurnal Gizi Indonesia, pp. 3(1) : 32 - 36.

Respati Wulandari, S. S. M., (2015). Efektifitas Media Komunikasi Terhadap Keberhasilan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Kesehatan, pp. 14(2) : 91 - 182.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2010), 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan dasar 2013. Jakarta: Badan Litbangkes. Kemenkes RI. 2013.

Shofia Lathifa, T. M., (2020). Pengaruh Media Edukasi Gizi Berbasis Web Terhadap Perilaku Makan Gizi Seimbang Remaja SMA Surabaya. Media Gizi Kesmas., pp. 9(2) : 48 - 56.

Supariasa, N. I. D. B. B. F. I., (2012). Penilaian Status Gizi. Jakarta. Jakarta: EGC.

Tahani Ratna Adiba, S. S. K., (2020). Efektivitas Permainan Ular Tangga Sebagai Media Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Gizi. Indonesian Journal of Public Health, pp. 5(1) : 1-7.

Wulandari, A., (2018). Penggunaan Kartu Uno Sebagai Media Permainan Tentang Buah Dan Sayur Pada Anak Sekolah Dasar Di SDN Brosot Dan Sdn Prembulan Galur Kulonprogo. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Yunda Dwi Jayanti, N. E. N., (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri Kelas Xi Akuntansi 2. Jurnal Kebidanan Dharma Husada, pp. 6(2) : 100 -108.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Sumantri, A. A. P. and Kurniasari, R. . (2022) “Literature Review: Efektivitas Penggunaan Media Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Siswa Sekolah Dasar Tentang Gizi Seimbang : (Literature Review : Effectiveness of the Use of Nutrition Education Media on Knowledge and Attitudes of Elementary School Students on Balanced Nutrition)”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 14(2), pp. 216–223. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/232 (Accessed: 21 November 2024).