FUNGSI KELUARGA PADA KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY DI SALATIGA

FAMILY FUNCTION ON THE FAMILY WHO HAS CHILDREN WITH INTELLECTUAL DISABILITY IN SALATIGA

Authors

  • Siska Wulandari Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yulius Yusak Ranimpi Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Satya Wacana
  • Dary Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.35473/jgk.v10i23.37

Keywords:

Fungsi Keluarga, Anak Dengan Intellectual Disability

Abstract

Background:  Intellectual  disability  is  a  below  average  intellectual  condition,  marked  by a limited  of the  ability  in  language,  self-reliance  self-care,  socialization  with  the  environment, and ability to follow school lessons. Having the  children with intellectual disability givesan impact on the function of  family. The purpose of this study is to determine the family function in families who have children with intellectual disability in Salatiga City.

Methods:  The  method  used  inthe  research  is  qualitative  with  phenomenological  approach. There were five familyinvolved. In-dept interview was done to get the data. The research took place in SLB Salatiga, Central Java.

Results:  The  result  of  this  research  shows  that  families  ofthe  children  with  intellectual disability are able to perform the function of family in their daily lives.

Conclusion:  Parents  accept  the  presence  of  children  bycontinuegiving  attention,  buildingrelationshipsand   abilities   of socio-emotional   children,   teaching   children   socializing, fulfilling the family economy effectively, fulfillingspecial needs for children with intellectual disability, and caring forfamily health

Abstrak :

Latar belakang: Intellectual disability merupakan suatu keadaan kecerdasan yang kurang dari rata-rata dan ditandai dengan kemampuan yang terbatas dalam berbahasa, kemandirian merawat diri, bersosialisasi dengan lingkungan, dan kemampuan dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Memiliki anak dengan intellectual disability dapat memengaruhi atau berdampak pada fungsi keluarga. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui fungsi keluarga pada keluarga yang memiliki anak dengan intellectual disability di Kota Salatiga.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jumlah riset partisipan 5 orang/keluarga. Data diperoleh melalui teknik wawancara mendalam. Lokasi penelitian yaitu di SLB Negeri Salatiga, Jawa Tengah.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa walaupun keluarga memiliki anak dengan intellectual disability mereka tetap menjalankan fungsi keluarga dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

Simpulan: Orang tua menerima keberadaan anak dengan tetap  memberikan perhatian, membangun hubungan dan kemampuan sosioemosional anak, mengajarkan anak bersosialisasi, memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga secara efektif, memenuhi kebutuhan khusus  anak intelectual disablity, serta perawatan kesehatan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Psychiatric Association. (2013) ‘Intellectual Disability'. American Psychiatric Publishing, p. 2. doi: 10.1057/9781137025586.

Anam, C. (2014) ‘Komunikasi Keluarga Tki Dalam Mendidik Anak : Studi Kasus Di Desa Pakes Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan.' pp. 10–58.

Anggraini, D. (2016) 'Hubungan Pelaksanaan Peran Keluarga Dengan Activity Daily Living (ADL) Pada Anak Tunagrahita Di SLB-C TPA Kabupaten Jember.' Skripsi, Universitas Jember, 2016.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2013) ‘Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013.' Laporan Nasional 2013, pp. 1–384. doi: 1 Desember 2013.

Farraswati, D. I. (2015) ‘Pola Asuh Keluarga Pada Penyandang Tunagrahita Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.' pp. 1–7.

Garina, L, A. (2012) ‘Prevalensi, Karakteristik, dan Pelayanan Kesehatan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Indonesia.' Skripsi, Universitas Islam Bandung, pp. 1–21.

Lidanial. (2016) ‘Problematika yang dihadapi keluarga dari anak dengan intellectual disability (studi etnografi).' pp. 188–199.

Napolion, K. (2010) ‘Pengalaman Keluarga Dalam Merawat Anak Tunagrahita di Kelurahan Balumbang Jaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor 2010 : Studi Fenomenologi.’, Tesis, Universitas Indonesia. Depok, Juli 2010.

Nasrawaty. (2016) ‘Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus Di Slb Ac Mandara Kendari.’ Skripsi, Universitas Haluoleo. Kendari, 2016.

Nurwita, S. (2014) ‘Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua Dengan Anak Keterbelakangan Mental.' Vol 1 (2), pp. 11–16.
Pahlavi, R. I. (2017) ‘Korelasi Antara Lingkar Dan Panjang Kepala Dengan Tingkat Kecerdasan Intelligence Quotient (Iq) Pada Anak Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Kabupaten Pringsewu.’ Skripsi, Universitas Lampung. Bandar Lampung, 2017.

Ramawati, D. (2012) ‘Kemampuan perawatan diri anak tuna grahita berdasarkan faktor eksternal dan internal anak.' Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol 15 (2), pp. 89–96.

Setyani, E, I. (2016) ‘Hubungan Antara Dukungan Keluarga Terhadap Kemandirian Perawatan Diri Pada Anak Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa C Karya Bhakti Purworejo.' Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhamadiyah Gombong, 2016.

Sidik, J. (2014) ‘Gambaran dukungan keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus di sekolah khusus kota tangerang selatan.' Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 1436H/2014 M.

Sulistyarini, T dan Yudha, S. (2015) ‘Dukungan Sosial Keluarga Pada Anak Retardasi Mental Sedang Family Social Support To Children With Moderate Mental Retardation Tri.' Vol 8 (2), pp. 117–125.

Winarti, A dan Kurniawati, E. (2015) ‘Hubungan sikap orang tua dengan tingkat kepercayaan diri anak retardasi mental ringan usia 7-18 tahun di slb c/c1 shanti yoga klaten.' Vol 5, No 10, pp. 31–42.

Downloads

Published

2018-01-02

How to Cite

Wulandari, S. ., Ranimpi, Y. Y. . and Dary (2018) “FUNGSI KELUARGA PADA KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY DI SALATIGA: FAMILY FUNCTION ON THE FAMILY WHO HAS CHILDREN WITH INTELLECTUAL DISABILITY IN SALATIGA”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 10(23), pp. 1–10. doi: 10.35473/jgk.v10i23.37.