Pengaruh Permainan Kartu Gizi Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar The Effect of the Nutrition Card Game on Changes in Knowledge and Attitudes of Nutrition in Elementary School Students

Main Article Content

Ghina Nur Afra
Laras Sitoayu
Vitria Melani

Abstract

Multiple nutrition problems become a major problem for most Indonesians, including school-aged children. This nutritional problem will certainly impact on the declining quality of human resources (HR) of Indonesia in the present and future. Lacks of nutrition knowledge  or lacks applying nutritional knowledge in daily life can lead to nutritional problems. One way that can be done to improve knowledge about balanced nutrition of school children, namely through the process of nutrition education. Media is one component of the process of nutrition education, media is not only serves as a complement as information giver, but the media has the function of attention that has the power to attract attention. The purpose of this research is to examine the effect of giving flash card media to change the knowledge and attitude of balanced nutrition on 5th grade students in Tanjung Duren Selatan 01 Pagi Elementary School. Total sample in this research are 86 people with Quasy Experiment design. Statistical test using t-test dependent, t-test independent and Mann-Whitney. The result of the research showed the change of knowledge and attitude of the students to the balanced nutrition after giving the flash card media intervention (p≤0,05). Flash card media has an effect on the knowledge and attitude of balanced nutrition on Tanjung Duren Selatan 01 Pagi Elementary School students. Development of nutrition education materials using flash card are needed such as the clean and healthy behaviour and food safety.


Abstrak 


Masalah gizi ganda masih menjadi permasalahan utama bagi sebagian besar penduduk Indonesia, termasuk anak usia sekolah. Masalah gizi ini tentunya akan berdampak pada semakin menurunnya kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia di masa sekarang dan mendatang. Pengetahuan gizi yang kurang atau kurangnya menerapkan pengetahuan gizi dalam kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan masalah gizi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai gizi seimbang anak sekolah, yaitu melalui proses pendidikan gizi. Media merupakan salah satu komponen dari proses pendidikan gizi, media tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap yaitu pemberi informasi, namun media mempunyai fungsi atensi yaitu memiliki kekuatan untuk menarik perhatian. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian media kartu bergambar terhadap perubahan pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswa kelas V SDN Tanjung Duren Selatan 01 Pagi. Sampel 86 orang dengan desain Quasy Experiment. Uji statistik menggunakan t-test dependent, t-test independent dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pengetahuan dan sikap siswa terhadap gizi seimbang setelah diberikan intervensi media kartu bergambar (p≤0,05). Pemberian media kartu bergambar berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang anak sekolah pada siswa SDN Tanjung Duren Selatan 01 Pagi. Perlu diadakan pengembangan materi pendidikan gizi menggunakan media kartu bergambar seperti materi PHBS dan keamanan pangan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NUR AFRA, G., Laras Sitoayu and Vitria Melani (2021) “Pengaruh Permainan Kartu Gizi Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 13(1), pp. 1 - 9. doi: 10.35473/jgk.v13i1.82.
Section
Articles

References

Ambarwati; Khoirotul, A; Kurniawati, F; Diah, T & Darojah, S. 2014. Media Leaflet, Video, dan Pengetahuan Siswa SD tentang Bahaya Merokok (Studi pad Siswa SDN 78 Sabrang Lor Mojongso Surakarta). KEMAS; 10(1): 7-13.
Dunts, C. J. 2012. Effect of Puppetry on Elementary School Knownledge of and Attitudes Toward Individuals with Disabilities. International Electronic Journal of Elemantary Education, 4(3): 451-457.
Ekayanti, I., Briawan, D., & Destiara, I. 2013. Perbedaan Penggunaan Media Pendidikan Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Sarapan Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan, 8(2): 109-114.
Hamida, K., Zulaekah, S., & Mutalazimah. 2012. Efektifitas Penyuluhan Gizi dengan Media Komik untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Keamanan Makanan Jajanan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat 8(1): 67-73.
Mahfoedz, I., & Suryani, S. 2007. Pendidikan Kesehatan bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya.
Maslakah, N., & Setiyaningrum, Z. 2017. Pengaruh Pendidikan Media Flash Card Terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang di SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta. Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-7621 Vol 10 No 1 11-16.
Muzzaki, M. S., Antonius, T. W., & Raharjo, T. J. (2012). Keefektifan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbantuan Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Inovative Journal of Curiculum and Educational Technology, 1(2) 74-82.
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuryanto, Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia, (ISSN : 1858-4942) Vol 3 No 1 32-36.
Rahmaulina, N. D., & Hastuti, D. (2008). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi dan Tumbuh Kembang Anak Serta Stimulasi Psikososial dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-5 tahun. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol 1 No.2 36-48.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI tahun 2013. Diakses : 26 September 2017, dari www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf.
Rohmah, N., Subirman, & Iryani, K. (2016). Pendidikan Gizi Anak Sekolah Dasar Pada Daerah
Hutan Hujan Tropis Kalimantan Timur. Jurnal Kesehatan dan Lingkungan, Vol 2 No.3 : 121-125.
Widajanti, L., Suryawati, C., & Sugihantono, A. (2009). Pengaruh Komik Makanan Jajanan Sehat dan Bergizi Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Anak Sekolah Dasar. The Journal of Public Health UNAIR, 19-23.