HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PASIEN DENGAN DAYA TERIMA MAKANAN PADA PASIEN DI RSUD dr. H. SOEWONDO KENDAL

Authors

  • Novianti Dipura Universitas Ngudi Waluyo
  • Indri Mulyasari Universitas Ngudi Waluyo
  • Purbowati Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

kepuasan pasien, daya terima makanan, pasien rawat inap

Abstract

Latar belakang : Daya terima makanan yang baik pada pasien dapat menunjang kesembuhan
penyakit yang diderita pasien. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi daya terima
makanan pada pasien yaitu kepuasan pasien terhadap penyelenggaraan makanan.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara kepuasan pasien dengan daya terima makanan pada
pasien di RSUD dr. H. Soewondo Kendal
Metode : Desain pada penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross
sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di RSUD dr. H.
Soewondo Kendal dan pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah
sampel sebanyak 55 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner
kepuasan pelanggan untuk mengukur kepuasan pasien dan formulir comstock untuk
mengamati daya terima makanan pada menu makan siang. Analisis data yang digunakan yaitu
uji kendall tau (α = 0,05).
Hasil penelitian : Sebagian besar pasien memiliki kepuasan kategori baik terhadap
penyelanggaraan makan siang di RSUD dr. H. Soewondo Kendal yaitu sebesar 90,9% (50
orang) dan sebesar 76,4% (42 orang) memiliki daya terima makanan kategori baik serta
terdapat hubungan bermakna antara kepuasan pasien dengan daya terima makanan pada
pasien di RSUD dr. H. Soewondo Kendal (p = 0,0001)
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan pasien dengan daya terima
makanan pada pasien di RSUD dr. H. Soewondo Kendal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almatsier S. 2006. Prinsip Dasar Ilmu
Gizi. Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta.
Amany M. 2012. Analysis of Factors
Affecting the Satisfaction Levels of
Patients Toward Food Services at
General Hospitals in Makkah Saudi
Arabia. American Journal of
Medicine and Medical Sciences;
2(6): 123-130
Aritonang I. 2014. Penyelenggaraan
Makanan. Leutikabooks, Jakarta.
Barbara D; Karen D. 2007. A Nutrition and
Food Service Audit Manual for
Adult Residential Care Facilities
with 25 or more Persons in Care.
British Columbia, Inggris.
Depkes RI. 2008. Standar Pelayanan
Minimal Rumah Sakit. Depkes RI,
Jakarta.
Depkes RI. 2013. Pelayanan Gizi Rumah
Sakit. Depkes RI, Jakarta.

Downloads

Published

2017-05-24

How to Cite

Novianti Dipura, Indri Mulyasari and Purbowati (2017) “HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PASIEN DENGAN DAYA TERIMA MAKANAN PADA PASIEN DI RSUD dr. H. SOEWONDO KENDAL”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 9(21), pp. 76–86. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/191 (Accessed: 30 October 2024).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>