Pengaruh Gizi dan Kesehatan terhadap Kecantikan

Influence of Nutrition and Health on Beauty

Authors

  • Intan Witari Universitas Negeri Padang
  • Yuliana Universitas Negeri Padang
  • Asmar Yulastri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35473/jgk.v15i2.411

Abstract

The background in this research is that beauty is an attractive physical form in the form of the face, body, and skin that is owned by a person and will increase one's attractiveness. To have a beautiful physique, one must be able to maintain a healthy body and also maintain the food consumed, so that the body becomes well cared for. The purpose of this study was to understand how the influence of food nutrition and body health has on one's beauty. This is done to find out how the relationship that occurs from the food consumed and a healthy body can make a person more beautiful. The research method used in this research is descriptive qualitative, where a description is made of the effects of nutrition and health on beauty and uses purposive sampling as a sampling technique used to collect research data. The results of this study are nutritious food and one's body health can maintain and make one's beauty more awake, more radiant, and prevent premature aging. This beauty is influenced by the nutrients contained in food including protein, carbohydrates, vitamin A, vitamin C, and other nutritious substances that are consumed properly and on a balanced scale, so that neither causes obesity nor does thinness occur. A healthy body can also be caused by the food consumed and also by sports activities carried out by adopting a healthy lifestyle. Therefore, nutritious food and good body health greatly affect the level of beauty possessed by a person.

 

ABSTRAK

Latar belakang pada penelitian ini bahwa kecantikan merupakan bentuk fisik yang menarik baik itu berupa wajah, tubuh, serta kulit yang dimiliki oleh seseorang dan akan menjadi penambah daya tarik seseorang. Untuk memiliki fisik yang cantik harus dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga menjaga makanan yang dikonsumsi, sehingga tubuh menjadi terawat dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pengaruh dari gizi makanan dan kesehatan tubuh terhadap kecantikan yang dimiliki seseorang. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan yang terjadi dari makanan yang dikonsumsi dan tubuh yang sehat dapat membuat seseorang menjadi lebih cantik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, dimana dilakuan pendeskripsian mengenai pengaruh gizi dan kesehatan terhadap kecantikan dan menggunakan Purposive Sampling sebagai teknik penarikan sampel yang digunakan untu pengambilan data penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah makanan bergizi dan kesehatan tubuh seseorang dapat menjaga dan membuat kecantikan dari seseorang menjadi lebih terjaga, lebih memancar, dan mencegah dari penuaan dini. Kecantikan ini dipengaruhi oleh zat gizi yang terkandung dalam makanan diantaranya ada protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, dan zat bergizi lainnya yang dikonsumsi dengan baik dan skala yang seimbang, sehingga tidak mengakibatkan kegemukan dan tidak pula terjadi kekurusan. Tubuh yang sehat dapat diakibatkan juga oleh makanan yang dikonsumsi dan juga oleh kegiatan olahraga yang dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Oleh karena itu makanan yang bergizi dan kesehatan tubuh yang baik sangat mempengaruhi tingkat kecantikan yang dimiliki oleh seseorang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda MZ, N., Nisa B, K., & Tiwuk S. 2015. Pengaruh Status Nutrisi terhadap Kebugaran Fisik Atlet Karate di Bandar Lampung. J MAJORITY Volume 4 Nomor 6 Maret, 4.
Augina, A. M. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.
Evawati, D. (2010). Gizi Kecantikan Proses Penuaan Dini. Jurnal Universitas PGRI, 54(1).
Gifari, N., Kuswari, M., & Azza, D. (2018). Pengaruh konseling gizi dan latihan stretching terhadap perubahan asupan gizi dan status gizi. Darrusalam Nutrition Journal, 2(1), 29-40.
Hajar, E. K. M., Martha, T. L., & Nasionalita, K. (2016). Konsep Wanita Gym Freak Mengenai Kecantikan. Jurnal Proceding of Management, 3(2), 2392-2399. Herawati, E., Yulastri, L., & Aulia, D. S. D. F. (2021). Penyuluhan Gizi Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut Pada Masyaraat Daerah Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik, 1(2), 146-153.
Herawati, E., & Yulastri, L. (2021). Penyuluhan Gizi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Rambut Pada Masyarkat Daerah Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik: Jurnal Abditek, 1(02), 146-155.
Kumianto, D. P. (2015). Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut. Jurnal Olahraga Prestasi, 11(2), 19- 30. Mamuroh, L., Sukmawati, Widiasih, R. (2019). Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Gizi Selama Kehamilan Pada Salah Satu Desa di Kabupaten Garut. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 15(1), 66-70.
Kurniawati, D.P., Santy, W.H., & Putri, P.H. 2019. Hubungan Pengetahuan Gizi
dan Kebiasaan Makan Dengan Berat Badan Santriwati Di Pondok
Pesantren Amanatul Ummah Surabaya. Surabaya. MPTH Jurnal.Volume 3
(1). 30
Lestari, T. P. Hubungan pengetahuan gizi dan persepsi citra tubuh (body image) terhadap gangguan makan pada siswi SMA Negeri 1 Limbangan Kendal.
Notoatmodjo,S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nourma, A., Kuswari, M., Nuzrina, R., Gifari, N., & Palupi, K. C. Hubungan Persepsi Body Image, Pengetahuan Gizi, Gangguan Makan Dan Aktivitas Fisik Terhadap Status Gizi Anggota Oq Modelling School.
Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo. Zifatama Publishing.
Redi, W. I. A. (2019). Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Jurnal Widya Kesehatan, 1(2), 39- 43.
Salisah, N. (2011). Komunikasi Kesehatan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 169-190.
Sazani, A. 2016. Efektivitas Media Nutrizen Diet Untuk Meningkatkan
Pengetahuan Tentang Diet Yang Sehat Pada Remaja Puteri SMK
Jurusan Kecantikan Di Kota Tegal. Journal of Health Education.
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang.
Sirait, J. H. (2020). Literature Review: Efektivitas Penggunaan Media Promosi Kesehatan Gizi Tentang Diet Yang Sehat Terhadap Pengetahuan Dan Pola Makan Pada Remaja.
Sitorus, B. P. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 14. Wahidah, S. (2012). Wortel Sebagai Makanan Kesehatan dan Kecantikan. Jurnal Prosiding Seminar dan Workshop Nasional, 144-150.
Weinberger, N. A., et al. (2016). Body dissatisfaction in individuals with obesity
compared to normal-weight individuals: a systematic review and meta-
analysis. Obesity facts, 9(6), 424-441
Wirawan, O., Wibowo, S., Ahmad, N. A., & Kaharina, A. (2022). Implementasi Konsep SPA Trapi Kesehatan dan Kecantikan Untuk Menjaga Kebugaran Jasmani Masyarakat Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 67-73.
Yunita, S., Herawati, E., Jubaedah,L. (2021). Hubungan Pengetahuan Gizi Kecantikan Terhadap Sikap Mempertahankan Berat Badan Ideal Pada Mahasiswa Tata Rias Angkatan 2017. Prosiding Seminar Nasional Universitas Singa perbangsa Karawang, 1-4.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Witari, I., Yuliana and Asmar Yulastri (2023) “Pengaruh Gizi dan Kesehatan terhadap Kecantikan: Influence of Nutrition and Health on Beauty”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 15(2), pp. 290–299. doi: 10.35473/jgk.v15i2.411.