EFEK PERASAN BROKOLI (BRASSICA OLERACEAE) SEBAGAI ANTI ALERGI TERHADAP RESPON ANAFILAKSIS KUTAN AKTIF PADA TIKUS JANTAN GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI OVALBUMIN

Authors

  • Muhammad Alim Universitas Ngudi Waluyo
  • Dian Oktianti Universitas Ngudi Waluyo
  • Nova Hasani Furdiyanti Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Brassica oleraceae, Quercetin, Reaksi Anafilaksis Kutan Aktif, dan Cetirizin

Abstract

Reaksi anafilaksis kutan aktif adalah bentuk reaksi alergi tipe I secara lokal pada kulit. Salah satu sayuran yang dapat digunakan sebagai anti alergi adalah brokoli. Brokoli (Brassica oleraceae) adalah sayuran yang tersedia setiap saat di pasaran dan mengandung quercetin yang diduga mempunyai efek anti alergi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek perasan brokoli sebagai anti alergi terhadap respon anafilaksis kutan aktif pada tikus jantan galur Wistar yang diinduksi ovalbumin.

            Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murnipre and post test control group design menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 kelompok perlakuan. Tikus diinduksi putih telur pada hari ke 1, 7, dan 14 kemudian diberi perlakuan meliputi kontrol negatif (Aquadest), kontrol positif (Cetirizin 0,25mg/ 200g BB), perasan brokoli dosis1,25 ml/kg BB dan 2,5 ml/kg BB. Data dianalisa menggunakan SPSS versi 15,0 for windows dengan uji ANOVA satu jalan taraf kepercayaan 95%.

            Berdasarkan hasil uji ANOVA dapat disimpulkan perasan brokoli dosis 1,25 ml/kg BB dan 2,5 ml/kg BB memiliki efek anti alergi terhadap respon anafilaksis dan sebanding dengan Cetirizin 0,25mg/ 200g BB.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung dan Tinton., (2008). Buku
PintarTanaman Obat. Agromedia
pustaka : Jakarta
Harborne J. B., (1987), Metode Fitokimia,
oleh Padmawinata, K., dan Soediro,
I., Cetakan ke-2, 234-244, ITB,
Bandung
Roitt, I.M., J. Brostoff, D.K. Male, (1985),
Imunology, Gower Medical Publ.,
London 19.10-19.11
Shimada T, Cheng L, Yamasaki A, Ide M,
Motonaga C, Yasueda H, Enomoto
K,Enomoto T, and Shirakawa T.,
(2004), Effects of lysed
Enterococcus faecalis FK-23 on
allergen-induced serum antibody
responses and active cutaneous
anaphylaxis in mice, Clin Exp
Allergy, 34(11):1784-178

Downloads

Published

2016-09-13

How to Cite

Muhammad Alim, Dian Oktianti and Nova Hasani Furdiyanti (2016) “EFEK PERASAN BROKOLI (BRASSICA OLERACEAE) SEBAGAI ANTI ALERGI TERHADAP RESPON ANAFILAKSIS KUTAN AKTIF PADA TIKUS JANTAN GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI OVALBUMIN”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 8(20), pp. 179–184. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/181 (Accessed: 20 April 2024).