EFEKTIVITAS JUS TOMAT (Lycopersicum esculantum) PADA MENCIT HAMIL YANG TERPAPAR ASAP ROKOK

Authors

  • Rozalia Universitas Ngudi Waluyo
  • Nova Hasani Furdiyanti Universitas Ngudi Waluyo
  • Dian Oktianti Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Buah tomat (Lycopersicum esculantum), lycopene, efek asap rokok, vitamin E

Abstract

Paparan asap rokok sangat mengkhawatirkan beberapa kelompok sosial termasuk wanita hamil. Bahan kimia yang dikeluarkan asap rokok jika terhisap akan berpengaruh kepada kehamilan, mempengaruhi plasenta dan pertumbuhan janin serta bisa terjadi hipoksia pada janin. Tomat dikenal sebagai sumber utama lycopene.Lycopene termasuk senyawa karotenoid yang memberikan warna merah pada tomat. Telah dibuktikan secara in vitro bahwa lycopene merupakan penangkal radikal bebas yang paling efektif diantara karotenoid yang lain, termasuk ß-caroten. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas jus tomat terhadap mencit hamil yang terpapar asap rokok.

Jenis rancangan penelitian ini bersifat eksperimental murni dengan post test only control group design dengan Rancangan Acak Lengkap(RAL) yang terdiri dari satu kelompok kontrol negatif (1 batang rokok/hari), satu kelompok kontrol positif (vitamin E dosis 130 IU), dan dua kelompok perlakuan (jus tomat (Lycopersicum esculantum) dosis 675mg/20 BB dan 900mg/20g BB).Data dianalisis menggunakan ujiKruskall-Wallis satu jalan dan ujiMann-Whitney.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok perlakuanjus tomat (Lycopersicum esculantum) dosis 675mg/20g BB dan900mg/20g BBmemiliki efek dilihat dari PKBP induk mencit dan berat badan fetus mencit yang terpapar asap rokok dan kelompok jus tomat (Lycopersicum esculantum) dosis 675mg/20g BB memiliki efek dilihat dari PKBP induk mencit dan berat badan fetus mencit yang terpapar asap rokok sebanding dengan vitamin E dosis 130 IU.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, Tjandra Yoga.(1992).Rokok dan
Kesehatan.Jakarta :UI Press.
Card, J.P., dan Mitchell, J.A. 1979.The
Effects Of Nicotine On
Implantation Rat. Biology Of
Reproduction.20=532-539.
Grolier P., Bartholin G., dan Broers L.
(1997).Composition of Tomatoes
and Tomato Products in
Antioxidants.In: “White Book” on
the Antioxidants in Tomatoes and
Tomato Products. Avignon; 17-95.
Kuroki, Y.(1988). Monitoring of
Congenital Anomalies.Cong Anom
28.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Rozalia, Nova Hasani Furdiyanti and Dian Oktianti (2021) “EFEKTIVITAS JUS TOMAT (Lycopersicum esculantum) PADA MENCIT HAMIL YANG TERPAPAR ASAP ROKOK”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 8(18), pp. 97–102. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/170 (Accessed: 29 March 2024).

Most read articles by the same author(s)