Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Komik Dan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Terkait Anemia Pada Remaja Putri Di Sma Negeri 14 Jakarta
The Effect Of Nutrition Education Using Comic And Leaflet On The Improvement Of Anemia Knowledge In Adolescents Girl In Sma Negeri 14 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.35473/jgk.v13i1.85Keywords:
Edukasi Gizi, Anemia, Komik, LeafletAbstract
AbstrakBackground : Anemia is still a major public health problem in the world. Indonesia become one of the countries experiencing triple burden of malnutrition and one of them is anemia. The current situation of covid-19 pandemic considered worsen the challenge. Education especially about anemia problem on adolescents girl play an important role in the emergency response covid-19 pandemic. Purpose : To determine the effect of nutrition education using comic and leaflet on the improvement of anemia knowledge in adolescents girl in SMA Negeri 14 Jakarta . Method : Design of this study is quasy experimental with pre-post test group design involving 126 female students in class X and XI which choosed by cluster random sampling. Knowledge data collected with online method. Result : The result was there were differences in respondents knowledge on the effect of nutrition education using comic (p=0,000) and leaflet (p=0,000) media with alpha 0,05. Conclusion : There is an effect of nutrition education using comic and leaflet on anemia knowledge in adolescents girl in SMA Negeri 14 Jakarta
Latar Belakang : Anemia hingga saat ini masih menjadi masalah utama dalam kesehatan yang terjadi di seluruh dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami tiga beban malnutrisi, salah satunya diantaranya adalah anemia. Kondisi pandemi covid-19 saat ini dinilai dapat memperburuk tantangan tersebut. Edukasi terutama mengenai masalah anemia pada remaja putri berperan penting dalam masa tanggap darurat pandemi covid-19. Tujauan : Mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui komik dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan terkait anemia pada remaja putri di SMA Negeri 14 Jakarta. Metode : Desain penelitian yang digunakan, yaitu quasy experimental dengan rancangan pre-post test group design melibatkan 126 siswi kelas X dan XI yang dipilih dengan cluster random sampling. Pengambilan data pengetahuan dilakukan secara daring. Hasil : Ada perbedaan pengetahuan responden terhadap pengaruh penggunaan media edukasi gizi melalui komik (p=0,000) dan leaflet (p=0,000) dengan alpha 0,05. Kesimpulan : Ada pengaruh edukasi gizi melalui komik dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan anemia pada remaja putri di SMA Negeri 14 Jakarta.
Downloads
References
Anggraeni, N dan Fransiske, S. 2018. Pengaruh pendidikan gizi dengan menggunakan media komik terhadap pengetahuan gizi seimbang anak kelas 5 sekolah dasar di SDN Ciriung 02 Cibinong tahun 2017. Jurnal Gizi dan Pangan Soedirman; 2(2) : 60–67
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2013. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Badan Litbang Kesehatan, Jakarta.
Baniamin HM; Rahman M; Hasan MT. 2020. The COVID-19 pandemic: why are some countries more successful than others?. SSRN Electronic Journal, (April), hlm.1-23.
Barik, AL; Purwaningtyas, RA; Astuti, D. 2019. The effectiveness of traditional media (leaflet and poster) to promote health in a community setting in the digital era: a systematic review. Jurnal Ners; 14(3) : 76–80
Bertalina 2015. Pengaruh promosi kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan; .6(1) : 56–63
Dakhi, T 2018. Pengaruh pemberian pendidikan gizi melalui media leaflet tentang sayur dan buah terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik ibu murid SDN 105349 Paluh Kemiri dalam menyediakan sayur dan buah untuk keluarga. Skripsi Program Studi Diploma IV, Politeknik Kesehatan Medan Jurusan Gizi.
Direktorat Gizi Masyarakat. 2020. Pedoman Pelayanan Gizi pada Masa Tanggap Darurat Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.Jakarta
belajar siswi di SMP Unggulan Bina Insani. Amerta Nutrition; 1(4) : 331–340
Engidaw MT; Wassie MM; Teferra AS. 2018. Anemia and associated factors among adolescent girls living in Aw-Barre refugee camp, Somali regional state, Southeast Ethiopia. PLoS ONE; 13(10) : 1–12
Farinella, M .2018. The potential of comics in science communication. Journal of Science Communication; 17(1) : 1–17
Fitriana, N. 2015. Analisis penggunaan media pada pendidikan gizi terhadap pengetahuan, sikap dan praktik kebiasaan sarapan siswa sekolah dasar, Tesis Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor.
Fitrianti, L dan Miko, TY . 2019. Factors associated with anemia among adolescence girls at SMAN 1 Telukjambe Kabupaten Karawang in 2015. KnE Life Sciences; 4(10) : 454–460
Hasyim, NA; Mutalazimah; Muwakhidah. 2018. Pengetahuan risiko, perilaku pencegahan anemia dan kadar hemoglobin pada remaja putri. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian; 15(2) : 28–33
Jalambo, MO; Sharif, R; Naser, IA; Karim, NA. 2017. Improvement in knowledge, attitude and practice of iron deficiency anaemia among iron-deficient female adolescents after nutritional educational intervention. Global Journal of Health Science; 9(7) :15-23
Kasman; Noorhidayah; Persada, KB. 2017. Studi eksperimen penggunaan media leaflet dan video. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia; 4(2) : 57–61
Kawuriansari, R; Fajarsari, D; Mulidah, S. 2010. Studi efektivitas leaflet terhadap skor pengetahuan remaja putri tentang dismenorea di SMP Kristen 01 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Kebidanan; 1(1) : 108–122
Kusumarani, A; Noviardhi, A; Susiloretni, KA. 2018. Pengaruh media komik terhadap pengetahuan dan sikap tentang sayur dan buah di SD Aisyiyah dan SDN Kalicilik 2 Demak. Jurnal Riset Gizi; 6(2) : 46–50
Lihayati, AS dan Mardiana. 2019. Pengaruh media komik terhadap pengetahuan tentang sarapan pada siswa SDN Padangsari 02. Sport and Nutrition Journal; 1(1) : 12–18
Meidiana, R; Simbolon, D; Wahyudi, A. 2018. Pengaruh edukasi melalui media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap remaja overweight. Jurnal Kesehatan; 9(3) : 478–484
McNicol, S. 2014. Humanising illness: presenting health information in educational comics. Medical Humanities; 40(1) : 49–55
McNicol, S. 2015. The impact of educational comics on feelings and attitudes towards health conditions. Manchester Metropolitan University [9 Juli 2020]
http://www.esri.mmu.ac.uk/resprojects/reports/report157.pdf.
Mousa SO; Higazi AM; Saleh SM; Ali HA. 2016. Cognitive Function and School Achievement in Adolescent Egyptian Girls with Iron Deficiency and Iron Deficiency Anaemia. Mental Health in Family Medicine; 12 : 289–294
Nugroho, A. 2018. Pengaruh media pendidikan gizi (komik) terhadap peningkatan pengetahuan dan perubahan berat badan pada anak sekolah dasar dengan obesitas. Jurnal Kesehatan; 9(1) : 57-63
Priyanto LD. 2018. Hubungan umur, tingkat pendidikan, dan aktivitas fisik santriwati husada dengan anemia. Jurnal Berkala Epidemiologi; 6(2) : 139
Puspitorini, R; Prodjosantoso, AK; Subali, B; Jumadi. 2014. Penggunaan media komik dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan; 3(3) : 413–420
Ridha, A; Selviana; Azwar, F. 2016. Efektivitas media komik pada pengetahuan dan sikap mengenai cuci tangan pada siswa sekolah dasar. Jurnal LINK; 12(1) : 1–7
Romandani, QF dan Rahmawati, T. 2020. Hubungan pengetahuan anemia dengan kebiasaan makan pada remaja putri di SMPN 237 Jakarta. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI); 4(3) : 193–202
Saputri, A dan Rahayu, SR. 2017. Efektivitas cepat tensi (cegah dan pantau hipertensi) terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pada wanita menopause. Journal of Health Education; 2(2) : 107–114
Sastroasmoro, S dan Ismael, S. 2014. Dasar-dasar metodologi penelitian klinis 5th edn. Sagung Seto, Jakarta.
Sharma K ; Stella YD; Joshi A. 2019,Knowledge and attitude of urban and rural adolescent girls regarding anemia. The Pharma Innovation Journal; 8(6) : 1141–1145
Silalahio, V; Aritonang, E; Ashar, T. 2016. Potensi pendidikan gizi dalam meningkatkan asupan gizi pada remaja putri yang anemia di Kota Medan. KEMAS; 11(2) : 96–102
Suwarno, S; Shaluhiyah, Z; Prabamurti, P N. 2017. Effective media for genital organ health education junior high school student. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat; 8(3):192–199
Teni M; Shiferaw S; Asefa F. 2017. Anemia and its relationship with academic performance among adolescent school girls in Kebena District, Southwest Ethiopia. Biotechnology and Health Sciences; 4(1) : 1–8
United Nations Children's Fund (unicef) 2020. COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia. UNICEF. [9 Juli 2020] https://www.unicef.org/indonesia/media/4636/file.
Usman M; Arman; Kurnaesih E. 2019. Pengaruh pemberian jus buah naga terhadap peningkatan hemoglobin pada remaja putri yang mengalami anemia di SMAN 4 Pangkep. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis; 13: 2302–2531
Wulandari, M dan Prameswari, GN. 2017. Media komik terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap gizi pada anak yang gemuk dan obesitas. Journal of Health Education; 2(1): 73–79