HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI MAKANAN JAJANAN DENGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA SISWI SMA TEUKU UMAR SEMARANG

Authors

  • Rina Oktaviani Universitas Ngudi Waluyo
  • Indri Mulyasari Universitas Ngudi Waluyo
  • Galeh Septiar Pontang Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

makanan jajanan, kadar hemoglobin

Abstract

Anemia pada usia remaja disebabkan oleh beberapa faktor yaitu seringnya meninggalkan waktu makan, konsumsi makanan jajanan yang rendah zat gizi, dan membatasi frekuensi makan. Dampak negatif kurangnya kadar Hb, berkurangnya konsentrasi, berkurangnya prestasi, berkurangnya semangat belajar, dan mudah terserang infeksi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara asupan energi, protein, dan zat besi dari makanan jajanan dengan kadar hemoglobin pada siswi SMA Teuku Umar Semarang.

Penelitian ini merupakan studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Dengan populasi siswi di SMA Teuku Umar Semarang. Jumlah sampel sebesar 61 siswi diambil dengan metode proportional random sampling. Kadar hemoglobin diukur dengan hemoglobinometer digital, dan konsumsi makanan jajanan diukur menggunakan FFQ semi kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment pada α  0,05).

Rata-rata asupan energi pada siswi 33,1% denganpaling rendah 28,3%, dan paling tinggi 38,0%. Rata-rata asupan protein pada siswi 31,3% dengan paling rendah 27,6%, dan paling tinggi 33,5%. Rata–rata asupan zat besi pada siswi 36,3 % denganpaling rendah 23,5%, dan paling tinggi 43,4%. Ada hubungan antara asupan energi, asupan protein, asupan zat besi dengan kadar hemoglobin dengan nilai p-value secara runtut  (p = 0,008), (p = 0,001), (p = 0,001).

Ada hubungan antara asupan energi, protein, dan zat besi dari makanan jajanan dengan kadar hemoglobin pada siswi SMA Teuku Umar Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisman, M.B. 2004. Gizi dalam Daur
Kehidupan. Jakarta : Penerbit Buku
Kedokteran EGC.
Arisman, M.B. 2009. Buku Ajar Ilmu Gizi
dalam Daur Kehidupan.Jakarta:
Penerbit buku kedokteran EGC.
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kesehatan Depkes RI 2013. Laporan
Nasional Riskesdas 2013. Jakarta:
Kemenkes RI.
Bakta, IM. 2006. Pendekatan Terhadap
Pasien Anemia. In : Sudoyo AW,
Bambang Setiyohadi, Idrus Alwi,
Marcellus Simadibrata K, Siti Setiati,
editors. Buku Ajar Ilmu Penyakit
Dalam. edisi IV, jilid II. Jakarta Pusat:
Pusat Penerbitan Ilmu Penyakit Dalam
FK UI;.p.622-623. diakses pada
tanggal 05 September 2015.

Downloads

Published

2016-05-24

How to Cite

Rina Oktaviani, Indri Mulyasari and Galeh Septiar Pontang (2016) “HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI MAKANAN JAJANAN DENGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA SISWI SMA TEUKU UMAR SEMARANG”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 8(17), pp. 35–44. Available at: https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/162 (Accessed: 19 April 2024).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>