Literature Review: Pengaruh Edukasi Tentang Anemia Melalui Media Cetak Dan Media Audio Visual Kepada Remaja Putri

(The Influence of Education on Anemia with Printed Media and Audio Visual Media to Teenage Girls)

Authors

  • Stephanie Victoria Ester a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Universitas Singaperbangsa Karawang";}
  • Ratih Kurniasari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35473/jgk.v13i2.215

Keywords:

anemia, media audio visual, media cetak, pengetahuan, remaja putri

Abstract

Anemia is a disease caused by the body's lack of iron nutrients, particularly in the formation of hemoglobin. The National Institute of Health, a 2011 case in which teenage girls are suffering from anemia (10 to 19 years old). In the case of anemia where HB does not reach the baseline, it can cause stress and persistent fatigue in the body's organs and can be inhibited activities and decreased of academic achievement. The purpose of this study is to find out the impact of nutrition education for students by providing printed media and audio-visual media relating with anemia, such as impact to knowledge, attitudes and behaviors. The method used by author in this study is some literatures related subject of this study. The result of the study will help the readers and health workers to know and able to make nutrition education plan about anemia for teenage girls by using printed media and audio-visual media.

ABSTRAK

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan asupan zat gizi besi didalam tubuh, di mana hal ini sangat berperan dalam membentuk hemoglobin. Remaja putri (10-19 tahun) merupakan salah satu kelompok yang sangat rawan mengalami anemia (National Institute of Health, 2011). Dalam kasus anemia, apabila kandungan Hb tidak mencapai batas normal dapat menyebabkan komplikasi seperti stres dan kelelahan yang berkelanjutan sehingga dapat menimbulkan rasa lelah, letih dan lesu pada organ tubuh dan mengganggu aktifitas serta mengakibatkan penurunan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan gizi dengan menggunakan media cetak dan media audio-visual pada siswa terkait pengetahuan, sikap dan perilaku mengenai anemia. Metode yang digunakan penulis dalam kajian ini yaitu dengan menggunakan beberapa literatur yang berkaitan dengan judul kajian ini. Hasil dan pembahasan kajian ini akan membantu pembaca serta tenaga kesehatan dalam membuat perencanaan edukasi gizi kepada remaja putri mengenai anemia menggunakan media cetak dan media audio-visual.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aolian A, Abdul S, Irianto, L. Khairul A. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Logbook terhadap Pengetahuan dan Asupan Remaja Putri Anemia. Indonesia: Jurnal Gizi Prima; 2020.

Aulia MS, M Zen R, Apoina K. Pengaruh Penyuluhan dan Media Poster Tentang Anemia terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pada Santriwati (Studi Di Pondok Pesantren Al-Bisyri Kota Semarang). Indonesia: Jurnal Kesehatan Masyarakat; 2019.

Baiq FR, Wayan CN, Junendri A. Efektivitas Intervensi Pendidikan Gizi Pada Program Suplementasi Besi Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku. Indonesia: Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan; 2019.

Diana W, Dahlia IA. Pengembangan Media Pendidikan Kesehatan Flashcard Anemia. Indonesia: Jurnal Kesehatan; 2019.

Sutrio S. Pengaruh Intervensi Penyuluhan Gizi dengan Media Animasi terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap tentang Anemia Pada Remaja Putri. Indonesia: ARGIPA; 2018.

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

Ester, S. V. and Ratih Kurniasari (2021) “Literature Review: Pengaruh Edukasi Tentang Anemia Melalui Media Cetak Dan Media Audio Visual Kepada Remaja Putri: (The Influence of Education on Anemia with Printed Media and Audio Visual Media to Teenage Girls)”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 13(2), pp. 97–106. doi: 10.35473/jgk.v13i2.215.