Literature Riview: Pengaruh Media Pembelajaran Edukatif Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar
Difference in knowledge before and after giving program counseling I am proud to know (Abat) about HIV and AIDS in class X and Xi students At SMK Tunas Pariwisata Ungaran
DOI:
https://doi.org/10.35473/jgk.v14i1.284Keywords:
Anak Usia Sekolah, Media Edukasi Gizi, Gizi SeimbangAbstract
Balanced nutrition is needed to meet the nutritional needs of each individual. Given the nutritional needs of school age children are greater because they are in a phase of growth and development, both physically and intellectually. So that the provision of education on balanced nutrition given to school age children is expected to have a positive effect. Nutrition education for elementary school children requires educational, creative, and innovative media. This literature review aims to determine the effect of nutrition education media on knowledge, attitudes, and behavior of balanced nutrition in elementary school students. A narrative study was carried out on a number of research articles related to the influence of nutrition education media on the knowledge, attitudes, and behavior of balanced nutrition among elementary school students. The results of the studey showed that the intervention of nutrition education media increased the knowledge, attitudes, and behavior of balanced nutrition among elementary school students. The use of educational and entertaining nutrition education media can lead to positive changes. It is hoped that the results of this study can provide information about the types of educational media interventions to increase knowledge, attitudes, and beahavior of balanced nutrition in elementary school students.
ABSTRAK
Gizi seimbang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap individu. Mengingat kebutuhan gizi anak usia sekolah lebih besar karena sedang berada di fase pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun intelektualnya. Sehingga pemberian edukasi mengenai gizi seimbang yang diberikan kepada anak usia sekolah diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif. Edukasi gizi pada anak sekolah dasar memerlukan media yang edukatif, kreatif, dan inovatif. Kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media edukasi gizi terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbang pada siswa sekolah dasar. Kajian secara naratif dilakukan terhadap sejumlah artikel penelitian yang berkaitan dengan pengaruh media edukasi gizi terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang siswa sekolah dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa intervensi media edukasi gizi meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbang siswa sekolah dasar. Penggunaan media edukasi gizi yang edukatif dan menghibur dapat membawa perubahan menuju arah yang positif. Diharapkan hasil dari kajian ini dapat memberikan informasi mengenai jenis intervensi media edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbang pada siswa sekolah dasar.
Downloads
References
2. Soekirman. Ilmu Gizi Dan Aplikasinya Untuk Keluarga Dan Masyarakat. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional; 2011.
3. Kemenkes. Naskah Akademik Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Diektorat Jenderal Bina Gizi dan KIA; 2013
4. Ariani A.P. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika; 2014.
5. Ho Mandy, Sarah P Garnett, Louise Baur, Tracy Burrows, Laura Stewart, Melinda Neve, Clare Collins. Effectiveness Of Lifestyle Interventions in Child Obesity: Systematic Review With Meta-Analysis. PEDRIATRICS. 2012, 13(6): 1647-1671
6. Singhal A, Cody M, Rogers E, Sabido M. Entertainment-Education And Social Change: History, Research, And Ractice. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Inc; 2004.
7. Kostanjevec S, Jerman J, Koch V. The Effects Of Nutrition Education On 6th Graders Knowledge Of Nutrition In Nine-Year Primary Schools in Slovenia. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 2011, 7(4): 243-252
8. Bregmann L, Clifford D, Wolff C. Edutainment And Teen Modeling May Spark Interest In Nutrition & Physical Activity in Elementary School Audience. J Nutr Educ Behav. 2010, 42(2): 139-141.
9. Wulandari A. Peningkatan Pengetahuan Gizi Pada Anak Sekolah Dengan Metode Ceramah dan Role Play. Semarang: Skripsi, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang; 2007.
10. Muhammad A. Perkembangan Anak Usia Pertumbuhan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2007.
11. Hikmawati Z, Yasnani, Sya’ban AR. Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Promosi Puzzle Gizi Terhadap Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Iliah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 2016, 1(2): 1-9
12. Lieffers JRL, Hanning RM. Dietary Assessment And Self-Monitoring With Nutrition Applicaton For Mobile Devices. Can J Diet Pract Rest. 2012, 73(3): 253-260.
13. Setyorini I, Abdullah MH. Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Di Sekolah Dasar. JPGSD. 2013, 1(2): 1-8.
14. Nasution A, Ade S N. Puzzle Gizi Sebagai Upaya Promosi Terhadap Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2020, 16(1): 89-99.
15. Perdana F, Siti M, Ikeu Ekayanti. Pengembangan Media Edukasi Gizi Berbasis Android Dan Website Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Tentang Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar. J Gizi Pangan. 2017, 12(3): 169-178.
16. Kurdanti K, Tri M K, Ana S F. Pengaruh Media Promosi Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar. Gizi Indonesia. 2019, 42(2): 61-70.