Literature Review: Pengaruh Bentuk Media Edukasi Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu dalam Upaya Pencegahan Stunting pada Anak

Literature Review : The Influence of Nutrition Education Media Forms on Increasing Mother's Knowledge to Prevent Stunting in Children

Authors

  • Grisvia Zain Rahmah Grisvia Zain Rahmah
  • Ratih Kurniasari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35473/jgk.v15i1.281

Abstract

Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam rentan waktu yang cukup lama. Stunting adalah masalah kesehatan yang harus diperhatikan dengan penanganan sedini mungkin karena berdampak pada tingkat kecerdasan, produktivitas, dan kekebalan tubuh terhadap penyakit, yang selanjutnya dapat menghambat pertumbuhan ekonomi sehingga meningkatkan kemiskinan dan ketimpangan yang berefek jangka panjang pada penderita, keluarganya dan Negara. Edukasi gizi mengenai stunting kepada mayarakat dapat membantu menekan kejadian stunting untuk masa yang akan datang. Pengetahuan akan mempengaruhi tindakan manusia, dengan demikian semakin baik pengetahuan seseorang maka kualitas hidupnya pun akan lebih baik. Pada penyampaian edukasi, bentuk dari sebuah media juga berpengaruh dalam keefektifan penyampaian informasi. Untuk itu tujuan dari penulisan ini adalah menilai tingkat informasi yang diserap dari sebuah media terhadap pemahaman ibu dalam mengenal masalah stunting dan cara pencegahan stunting. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah telaah sistematis dan pencarian materi melalui jurnal penelitian pada laman sinta ristekdikti dengan kata kunci Media pendidikan gizi, Pengetahuan ibu, dan Pencegahan stunting. Berdasarkan 3 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi dalam pembahasan ini, diketahui peningkatan tertinggi dihasilkan oleh media integrating card sebagai media informasi stunting yang dinilai efektif meningkatkan pengetahuan ibu dengan menggunakan metode bermain kartu. Pada uji efektivitas ketiga media menunjukkan adanya pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan ibu mengenai stunting. Namun pada media integrating card mendapatkan peningkatan pengetahuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan media lain. Hal ini menunjukkan bahwa media interaktif yang menyenangkan lebih dapat diterima isi materinya dibandikan dengan media yang memaparkan materi dengan bentuk yang formal seperti bentuk dari media lembar balik dan modul risiko deteksi stunting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Siregar M. 2004. Pengaruh pengetahuan ibu terhadap kurang kalori protein pada balita. USU Digital Library.

Astuti, Sri, Ginna M, Samson CMS. 2020. Upaya Promotif untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Bayi dan Balita tentang Stunting dengan Media Integrating Card. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat; 6(1):51-55.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta.

Azizah DL, Arief YS, Krisnana I. 2015. Media Ceramah dan Film Pendek Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Diare Berdasar Teori Health Promotion Model (HPM). Pediomaternal Nursing Journal; 3(1).

Bergmann L, Clifford D, Wolff C. 2010. Edutaintment and Teen Modeling May Spark Interest in Nutrition & Physical Activity in Elementary School Audiences. J Nutr Educ Behav 42:139-141.

Demirozu BE, Pehlivan A, Camliguney AF. 2012. Nutrition knowledge and behaviours of children aged 8-12 who attend sport schools. Pro-Soc Behav Sci 46:4713-4717.

Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 2018. Penanganan Stunting Terpadu Jakarta, Kementrian Keuangan.

Fauziati, Naila, Apoina Kartini, S.A Nugraheni. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Lembar Balik Tentang Pencegahan Stunting Pada Calon Pengantin. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat; 18(2):224-233.

Gibney MJ, Margaretts BM, Kearney JM, Arab L. 2009. Gizi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC Pr.

Harari SH, Constantini S, Mann G, Lencovsky Z, Stark AH. 2013. Nutrition knowledge, attitude, and behaviors of Israeli female combat recruits participating in a nutrition education program. J Mil Med 178(5):517-522.

Kemenkes. 2018. Modul Kesehatan & Gizi Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Program Keluarga Harapan (PKH) Panduan Teknis Pelaksanaan P2K2, Kemenkes RI.

Khomsan A, Faisal A, Riyadi H, Sukandar D, Mudjajanto S. 2009. Studi Peningkatan Pengetahuan Gizi dan Kader Posyandu serta Perbaikan Gizi, Bogor.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru), Jakarta.

Musdalifah, Esther SM, Mardiana A, Werna N, Deviana SR, Healthy H. 2020. Pengembangan Modul Deteksi Risiko Stunting Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan; 7(2):62-75.

Notoatmodjo. 2007. Promosi kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Purba, Hana ID, Mestika L, Ester SH. 2020. Penyuluhan Gizi Seimbang Bagi Ibu Balita Usia 2-5 Tahun Di Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia. Jurnal Abdimas Mutiara; 1(2):242-246.

Saidah, Nur. 2010. Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Status Gizi, Perkembangan Fisik Dan Psikososial Balita (Usia 2 - 5 Tahun) (Di Desa Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo Jawatimur). Jurnal Medicine, Semantic Sholar.

Setyawati, Vilda AV, Bambang AH. 2015. Model Edukasi Gizi Berbasis E-booklet untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Ibu Balita. Jurnal Informatika UPGRIS; 1:86-94.

UNICEF,WHO, & Estimates, W. B. G. J. C. M. 2018. Levels and Trends in Child Malnutrition; 1–16.

Yuneta, Agus EN, Hardiningsih, Fresthy AY. 2019. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Status Gizi Balita Di Kelurahan Wonorejo Kabupaten Karangayar. Placentum Jurnal Ilmiyah Kesehatan dan Aplikasinya; 7(1):8-13.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Zain, G. and Ratih Kurniasari (2022) “Literature Review: Pengaruh Bentuk Media Edukasi Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu dalam Upaya Pencegahan Stunting pada Anak: Literature Review : The Influence of Nutrition Education Media Forms on Increasing Mother’s Knowledge to Prevent Stunting in Children”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 15(1), pp. 131–139. doi: 10.35473/jgk.v15i1.281.