Pengaruh Edukasi Melalui Media Poster, Animasi dan Miniatur Terhadap Pengetahuan Obesitas Anak Sekolah Dasar

The Effect of Education Through Poster, Animation and Miniature on Obesity Knowledge in Elementary School Children

Authors

  • Anisa Sagitaa a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Universitas Singaperbangsa Karawang";}
  • Ratih Kurniasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Linda Riski Sefrina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35473/jgk.v14i1.263

Keywords:

Obesitas, overweight, animasi, poster, miniatur

Abstract

Nutrition problems in children in Indonesia has always been a problem that does not improve, namely the problem of overweight and obesity. The level of knowledge in children about overweight and obesity is one of the factors that can influence the occurrence of obesity in children. Most of the occurrence of nutritional problems can be solved and prevented if the children have sufficient knowledge about overweight and obesity and in regulating their food. The purpose of this research is to find out the influence of providing nutrition education and education on obesity through animated and miniature video media in elementary school children. Type of quasy experimental research with prepost test design with control group design. The research subjects of elementary school children aged 8-13 years old who numbered 45 people with 3 intervention groups got education through posters, animated videos and miniatures. The results showed the average value of children's knowledge after. and before being given education for poster groups the average value of knowledge before 5.73 and after 9.87, the group animated video knowledge before 5.60 and after 9.80 and for miniature groups of knowledge before 5.60 and after 9.80 attitudes before 36.45 and after 39.65. The conclusion of this study is that there is an educational influence by using audio visual media and leaflets on improving knowledge in children. So that this media can be used as an educational media for children.

ABSTRAK
Permasalah gizi pada anak di Indonesia selalu menjadi permasalahan yang tidak kunjung membaik, yaitu permasalahan overweight dan obesitas. Tingkat pengetahuan pada anak mengenai overweight dan obesitas merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya obesitas pada anak. Sebagian besar kejadian masalah gizi lebih dapat diatasi dan dicegah apabila anak-anak tersebut memiliki ilmu pengetahuan yang cukup tentang overweight dan obesitas dan dalam mengatur makanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan gizi dan edukasi mengenai obesitas melalui media video animasi dan miniatur pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan pre post test with control group design. Subjek penelitian anak sekolah dasar berusia 8-13 tahun yang berjumlah 45 orang dengan 3 kelompok Intervensi mendapat edukasi melalui media poster,video animasi dan miniatur. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pengetahuan anak-anak sesudah dan sebelum diberikan edukasi untuk kelompok poster nilai rata-rata pengetahuan sebelum 5,73 dan sesudah 9,87, kelompok video animasi pengetahuan sebelum 5,60 dan sesudah 9,80 dan untuk kelompok miniatur pengetahuan sebelum 5,60 dan sesudah 9,80 sikap sebelum 36,45 dan sesudah 39,65. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh edukasi dengan menggunakan media audio visual dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan pada anak-anak. Sehingga media ini dapat digunakan sebagai media edukasi untuk anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, A. (2015). Obesitas pada Anak Sekolah Dasar. Majority, 4(7), 45–48. http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/viewFile/1446/1281

Damapolii, W., Mayulu, N., & Masi, G. (2013). Hubungan Konsumsi Fastfood Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Sd Di Kota Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1(1), 111774.

Dewi, M. C. (2015). Faktor-Faktor yang Menyebabkan Obesitas pada Anak. Majority, 4(8), 53–56.

Firdaus, A., Sukarno, A., & Sary, R. M. (2016). Penerapan Media Audio Visual Pada Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Kelas Iv Sd Negeri 02 Doro. Prodising Seminar Nasional Universitas PGRI Semarang.

Junaidi, J., & Noviyanda, N. (2016). Kebiasaan Konsumsi Fast Food terhadap Obesitas pada Anak Sekolah Dasar Banda Aceh. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 1(2), 78. https://doi.org/10.30867/action.v1i2.14

Meidiana, R., Simbolon, D., & Wahyudi, A. (2018). Pengaruh Edukasi melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Overweight. Jurnal Kesehatan, 9(3), 478. https://doi.org/10.26630/jk.v9i3.961

Mulyawati, I., Kuswardinah, A., & Yuniastuti, A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Keamanan Jajanan terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak. Public Health Perspective Journal, 2(1), 1–8.

Nugroho, A. (2018). Pengaruh Media Pendidikan Gizi (Komik) terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Berat Badan pada Anak Sekolah Dasar dengan Obesitas. Jurnal Kesehatan, 9(1), 57. https://doi.org/10.26630/jk.v9i1.746

Riskita, A. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi “Yuk Atasi Obesitasmu” Dalam Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Upaya Penanggulangan Obesitas di Desa Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta (Vol. 2507, Issue February).

Sajawandi, L. (2015). Pengaruh Obesitas pada Perkembangan Siswa Sekolah Dasar dan Penanganannya dari Pihak Sekolah dan Keluarga. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) UNTIRTA, 1(2), 1–13.

Sartika, R. A. D. (2011). Faktor Risiko Obesitas Pada Anak 5-15 Tahun di Indonesia. Makara,Kesehatan, 15(1), 37–43.

Downloads

Published

2022-01-10

How to Cite

Sagitaa, A., Ratih Kurniasari and Linda Riski Sefrina (2022) “Pengaruh Edukasi Melalui Media Poster, Animasi dan Miniatur Terhadap Pengetahuan Obesitas Anak Sekolah Dasar: The Effect of Education Through Poster, Animation and Miniature on Obesity Knowledge in Elementary School Children”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 14(1), pp. 81–87. doi: 10.35473/jgk.v14i1.263.